logo


Jokowi Canggung Salaman dengan Petinggi Bank Dunia, Istana Singgung Gaya Diplomasi Presiden

Faldo Maldini mengatakan bahwa Jokowi mampu membuat nyaman seseorang meskipun sempat ada kesalahpahaman

20 Februari 2022 14:41 WIB

Wasekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Faldo Maldini
Wasekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Faldo Maldini Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Momen lucu terjadi saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) hendak bersalaman dengan petinggi Bank Dunia di Istana Merdeka, Rabu (16/2/2022). Pada saat itu, Jokowi terlihat canggung dengan mengganti-ganti gerakan tangan saat hendak bersalaman dengan delegasi pimpinan Bank Dunia, Axel Van Trotsenburg. Momen itu kemudian menjadi sorotan publik dengan beragam interpretasi.

Sementara itu, Stafsus Mensesneg Faldo Maldini menganggap wajar interpretasi yang berbeda dari masyarakat terkait momen salaman Jokowi dengan Axel Van Trotsenburg itu.

"Ya kan memang beda-beda, ada yang masih belum bersentuhan, ada yang sudah bersentuhan juga karena kan acara-acara kenegaraan selalu dengan SOP yang ketat, harus PCR dulu dan cek kesehatan. Jadi, interpretasi bisa beda-beda juga," kata Faldo kepada wartawan, Minggu (20/2/2022).


Jokowi Umumkan Kepala IKN Maret, KSP Sebut Ahok Bisa Saja Terpilih

Ia mengatakan bahwa Jokowi mampu membuat nyaman seseorang meskipun sempat ada kesalahpahaman. Candaan yang dilontarkan Jokowi usai salaman itu disebut gaya diplomasi agar orang lain tetap merasa senang.

"Selain itu, Presiden Jokowi kan memang orang yang suka bercanda. Kalau ada kesalahpahaman, beliau bikin jadi sesuatu yang menyenangkan, agar orang tetap merasa dihormati. Itu gaya diplomasinya Presiden Jokowi," ujarnya.

"Ini teladan, cara menghormati tamu. Mungkin pemahaman kita beda dengan mereka, namun hormati dengan saling tertawa. Perbedaan cara pandang adalah fakta, namun kehangatan harus terus diupayakan," pungkasnya.

Soal JHT, Presiden Serikat Pekerja Duga Jokowi Beri Lampu Hijau ke Menaker

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati