logo


Emas Menyentuh Level Terendah Tiga Minggu

Dolar menguat, emas malah jatuh.

30 November -0001 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menguatnya dolar karena ekspetasi bahwa The Fed dapat mengakhiri program pembelian obligasinya pada musim gugur ini, mendorong emas jatuh ke level terendah tiga minggu pada Kamis (20/3/2014), karena daya tarik emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi merosot.

Dalam konperensi pers pertamanya sebagai ketua Federal Reserve AS, Janet Yellen mengatakan The Fed bisa mulai menaikkan tingkat suku bunga sekitar enam bulan setelah program pembelian asetnya berakhir.

Spot emas diperdagangkan di level $ 1,331.72 per ounce pada pukul  10 waktu Jakarta, setelah sebelumnya sempat bergerak turun ke $ 1,325.34, level harga terendah sejak 28 Februari. Emas AS untuk pengiriman April, diperdagangkan di level $ 1,332.00 per ounce, setelah sebelumnya jatuh serendahnya di $ 1,326.10, juga terendah sejak akhir Februari.

Dalam perdagangan minggu ini, emas telah turun sekitar $ 66.0 dari level tertinggi enam bulan di $ 1,391.76 per ounce yang dicapai pada Senin, selain karena meredanya ketegangan geopolitik di Ukraina, juga karena membaiknya indikator ekonomi AS serta ekspetasi peningkatan suku bunga AS.

India telah mengizinkan lima bank swasta domestik untuk mengimpor emas, setelah membatasi impor emas tahun lalu untuk mengurangi defisit perdagangan India.

*) Tonny Soe, praktisi pasar uang global
 
 

Emas Siap Bukukan Penurunan Mingguan Terbesar Sejak September

Halaman: 
Penulis :