logo


Jokowi Umumkan Kepala IKN Maret, KSP Sebut Ahok Bisa Saja Terpilih

KSP mengatakan bahwa pemilihan Kepala Otorita IKN hampir mirip dengan pemilihan menteri

18 Februari 2022 21:23 WIB

dok sekretariat Presiden

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan nama kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada bulan Maret atau April 2022.

Wandy mengatakan bahwa nama-nama calon Kepala Otorita IKN yang beredar saat ini bisa saja terpilih, termasuk Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Iya betul (Maret atau April). Semua nama yang beredar selama ini bisa saja terpilih, tapi lagi-lagi ini hak prerogatif presiden," kata Wandy kepada wartawan, Jumat (18/2/2022).


Tolak UU IKN, Politikus PKS: Kami Akan Kawal

Ia mengatakan bahwa pemilihan Kepala Otorita IKN hampir mirip dengan pemilihan menteri. Ia pun mengatakan bahwa pemilihan akan dilakukan bersamaan dengan perumusan aturan turunan soal Otorita IKN Nusantara.

"Kalau enggak berbarengan, setelah Perpres Otorita terbit," ujarnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo sempat mengungkapkan sosok yang akan menjabat sebagai Kepala Otorita IKN pada Maret 2020. Nama-nama tersebut antara lain Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Bambang Brodjonegoro, Tumiyono, hingga Azwar Anas. Namun, belakangan Jokowi mengatakan bahwa IKN akan dipimpin oleh mantan kepala daerah yang berlatar belakang arsitek.

Jokowi Sudah Kantongi Nama Kepala Otorita IKN, Komisi II DPR Ungkap Sosoknya: Ia Sering Beri Masukan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati