logo


Pemimpin Tertinggi Iran Tegas Bilang Negaranya Tidak Berniat Bikin Senjata Nuklir

Ali Khamenei menegaskan bahwa pengembangan nuklir Iran tidak digunakan untuk memproduksi senjata nuklir

17 Februari 2022 20:15 WIB

Pemimpin tertinggi Iran Ali Khamenei
Pemimpin tertinggi Iran Ali Khamenei istimewa

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei, pada Kamis (17/2), mengatakan bahwa Iran tidak berencana untuk membuat senjata nuklir. Ia menegaskan bahwa program nuklir Iran hanya dikembangkan untuk tujuan damai.

"Kami tidak mengejar senjata nuklir. Kami ingin menggunakan energi nuklir dengan damai," katanya dalam sebuah pidato yang disiarkan oleh stasiun televisi lokal Iran.

Ia menambahkan bahwa tuduhan yang dilontarkan oleh negara barat yang menyebut Iran mengembangkan program nuklirnya untuk membuat senjata nuklir adalah "omong kosong" dan tuduhan yang tidak berdasar.


Presiden Ceko Sebut Klaim AS soal Invasi Rusia ke Ukraina sebagai Prediksi Palsu

“Mereka [Barat] tahu bahwa kami tidak mencari [senjata nuklir],” tambahnya.

“Upaya diplomatik oleh saudara-saudara revolusioner kami untuk menghapus sanksi adalah hal yang baik,” kata Khamenei, mengacu pada pembicaraan yang sedang berlangsung antara Iran dengan beberapa negara kekuatan dunia yang bertujuan untuk memulihkan kesepakatan nuklir 2015.

“Tetapi tugas utamanya adalah menetralisir sanksi,” lanjut Khamenei.

Terkait perjanjian nuklir Iran 2015, Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian pada Rabu (16/2) bahwa keputusan untuk memulihkan kesepakatan itu hanya tinggal beberapa hari lagi. Sementara Kepala tim negosiator nuklir Iran Ali Bagheri-Kani mengatakan bahwa “kita lebih dekat dari sebelumnya untuk mencapai kesepakatan”.

Alasan Keamanan, AS Tarik Keluar Seluruh Anggota CIA dari Ibukota Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia