•  

logo


Tok! Azis Syamsuddin Divonis 3,5 Tahun Penjara

Azis Syamsuddin dinyatakan bersalah memberi suap kepada mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju

17 Februari 2022 12:28 WIB

Azis Syamsuddin
Azis Syamsuddin Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dinyatakan bersalah memberi suap kepada mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju sekitar Rp3,6 miliar. Azis Syamsuddin divonis 3 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp250 juta subsider 4 bulan kurungan.

"Mengadili, menyatakan Terdakwa M Azis Syamsuddin telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut," ujar hakim ketua Muhammad Damis di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (17/2).

"Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa dengan pidana penjara selama 3 tahun dan 6 bulan pidana dan denda sebesar Rp 250 juta subsider 4 bulan kurungan," sambung hakim.


Azis Syamsuddin: Orang Menganggap Saya Orang Terlalu Baik, dengan Terlalu Baik Inilah Saya Apes

Hakim mengatakan bahwa Azis dan Aliza Gunado diduga terlibat dalam kasus korupsi DAK Lampung Tengah. Azis meminta anggota kepolisian, Agus Supriadi, untuk dikenalkan ke penyidik KPK.

"Terdakwa berusaha agar dirinya tak dijadikan tersangka oleh KPK, yaitu dengan cara meminta Agus Supriadi mengenalkan penyidik KPK yang ternyata Agus Supriadi berhasil mengenalkan Stepanus Robin Pattuju kepada terdakwa di rumah dinas Terdakwa," kata hakim anggota Fahzal Hendri.

Azis meminta Robin untuk memantau dan pengawalan agar dirinya tidak menjadi tersangka.

"Di mana Terdakwa meminta bantuan Stepanus Robin Pattuju untuk melakukan pemantauan dan pengawalan supaya Terdakwa tidak menjadi tersangka dengan imbalan Rp 4 miliar dari Terdakwa dan Aliza Gunado. Atas tawaran tersebut, Robin melakukan pemantauan mengajak Maskur Husain," jelasnya.

"Uang yang diserahkan kepada Terdakwa dan AKP Stepanus Robin Pattuju seluruhnya Rp 3.099.887.000 dan USD 36 ribu. Padahal sebenarnya saksi AKP Robin selaku penyidik KPK tidak melakukan apa pun terkait kasus Terdakwa, sedangkan saksi Maskur Husain hanya memantau (kasus Azis Syamsuddin) melalui internet," tegas hakim.

Azis Syamsuddin Jadi Terdakwa, Akui Kecewa pada Mantan Penyidik KPK

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata