logo


Sebut Kebijakan NATO Tak Rasional, Belarus Tingkatkan Kerja Sama Militer dengan Rusia

Menteri Pertahanan Belarusia mengatakan bahwa pihaknya perlu meningkatkan kerja sama militer dengan Rusia untuk melawan ekspansi NATO ke Eropa Timur

16 Februari 2022 21:24 WIB

Personil militer Rusia menggelar latihan militer gabungan di Belarus
Personil militer Rusia menggelar latihan militer gabungan di Belarus Sputniknews

MINSK, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Makei, mengatakan bahwa negaranya berencana meningkatkan kerja sama di bidang militer dengan Rusia melalui Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO). Hal tersebut dilakukan untuk menanggapi kebijakan NATO yang semakin "tidak rasional".

“Kita harus siap menghadapi kemungkinan penolakan agresi eksternal, tidak peduli dari mana asalnya. Kami akan terus memperkuat kerja sama militer dengan Rusia… Dengan mempertimbangkan kebijakan irasional NATO dan sejumlah negara Barat, kami harus jaga agar bubuk mesiu kita tetap kering," kata Makei dalam sebuah pernyataan dikutip Sputniknews.

Sang Menteri juga menekankan bahwa Belarus sangat menentang kebijakan ekspansi NATO ke Eropa Timur dimana hal tersebut melanggar janji.


Vladimir Putin Bilang Rusia Tak Ingin Berperang dengan Eropa

"Kami selalu menentang keras perluasan NATO. Kami percaya bahwa janji yang diberikan kepada (mantan Presiden Soviet Mikhail) Gorbachev dilanggar oleh mitra Barat dan sebagai hasilnya, kami berada dalam situasi di mana tidak ada yang mempercayai siapa pun," kata pejabat itu.

Dia mencatat bahwa Belarus adalah negara kecil, dan akan sangat kesulitan untuk menghadapi kemungkinan agresi oleh negara-negara NATO.

Finlandia Tak Mau Kirim Senjata ke Ukraina, Ini Alasannya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia