logo


Bingung Cari Lokasi Pabrik, BKPM Minta Pengusaha Gula Turun Gunung

Penyampaian rencana kerja tersebut juga merupakan goodwill dalam mematuhi kewajiban industri gula

25 Mei 2015 15:08 WIB

Pabrik Gula (Ist)
Pabrik Gula (Ist)

OSAKA, JITUNEWS.COM - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani meminta kepada industri gula rafinasi untuk segera menyampaikan rencana kerja kepada pemerintah. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut upaya fasilitasi kebutuhan lahan kepada 11 perusahaan gula rafinasi yang sudah memiliki izin prinsip. Nantinya rencana kerja tersebut akan digunakan bagi kalangan industri untuk menentukan lokasi lahan yang sesuai dengan kebutuhan industri gula.

"Penyampaian rencana kerja tersebut juga merupakan goodwill dalam mematuhi kewajiban industri gula terpadu dengan perkebunan. BKPM bersama Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memfasilitasi 1,2 juta hektar lahan untuk kebutuhan industri gula tersebut. BKPM akan memantau industri gula rafinasi yang sudah memegang izin prinsip untuk memenuhi kewajiban tersebut dan akan mencabut izin perusahaan yang tidak mematuhinya," tuturnya di sela-sela kunjungannya ke Jepang hari ini (25/5).

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Menteri Perindustrian Saleh Husin, Franky menyatakan pemerintah memfasilitasi pengadaan lahan untuk penanaman tebu bagi industri gula rafinasi seluas 1,2 juta hektar. Jumlah tersebut melebihi kebutuhan lahan untuk 11 perusahaan gula rafinasi yang berkisar 605.500 hektar.


Implementasi Industri 4.0, Lapangan Kerja dan Profesi Baru Akan Tercipta

Dalam UU nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan disebutkan, bahwa setiap unit pengolahan hasil perkebunan tertentu berbahan baku impor wajib membangun kebun dalam jangka waktu paling lambat 3 tahun setelah unit pengolahannya beroperasi. Dalam bagian penjelasan UU Perkebunan, secara eksplisit disebutkan yang dimaksud dengan industri berbahan baku impor antara lain industri gula tebu.

Franky menambahkan, sejak pemberlakuan UU Perkebunan, BKPM tidak lagi mengeluarkan izin baru industri gula yang tidak terpadu dengan perkebunan tebu. Dalam RPJMN 2015-2019, pemerintah menargetkan produksi gula tebu mencapai 3,8 juta ton pada tahun 2019. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah merencanakan pembangunan 10 pabrik gula baru, sehingga target produksi yang saat ini hanya mencapai 6.000 ton cane per day (TCD), dapat ditingkatkan hingga 10.000 TCD pada tahun 2019.

Presiden Jokowi Ungkap 'Revolusi' yang Akan Ancam Indonesia, Apakah Itu?

Halaman: 
Penulis : Andi Dwijayanto, Vicky Anggriawan