logo


Sakit Hati Khalid Basalamah 'Musnahkan' Wayang, Sandy Tumiwa: Atribut Budaya Harus Dijaga

Sandy Tumiwa menilai ceramah Khalid Basalamah merugikan masyarakat

15 Februari 2022 19:08 WIB

Khalid Basalamah dan Syafiq Basalamah
Khalid Basalamah dan Syafiq Basalamah Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Artis Sandy Tumiwa melaporkan Ustaz Khalid Basalamah terkait isi ceramahnya yang mengharamkan wayang ke Bareskrim Polri, pada hari ini Selasa, (15/2/2022).

Sandy Tumiwa menilai ceramah Khalid Basalamah merugikan masyarakat. Ia menegaskan bahwa seseorang yang memusnahkan suatu budaya tidak bisa ditolerir.

"Hari ini Kita mau melaporkan salah satu saya bilang artis ya, karena lagi dekat dengan artis tindakan ini benar-benar merugikan masyarakat yaitu menghina budaya dengan berkata statement memusnahkan budaya, memusnahkan atribut pewayangan itu sangat tidak bisa ditolerir," ujarnya.


Ustaz Khalid Basalamah Klarifikasi soal Wayang, Ruhut Sitompul Tetap Tak Terima

Ia mengaku sakit hati dengan isi ceramah Khalid Basalamah. Ia merasa heran dengan Khalid yang dengan mudahnya mengatakan 'wayang lebih baik dimusnahkan' dalam ceramahnya.

"Saya sebagai seorang artis, seniman, dan budayawan merasa sakit hati, ini orang dengan gampangnya memusnahkan satu profesi yang biasa mereka lakukan, di mana kebaikannya?" ucap dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sebagai warga negara Indonesia sudah seharusnya menjaga nilai-nilai budaya yang ada di tanah air.

"Atribut budaya yang harus kita jaga seyogyanya dan kewajiban kita untuk menjaga namanya nilai-nilai budaya di Indonesia ini," bebernya.

"Kalau dia mau berceramah, silahkan dalam koridornya, jangan melimpir ke budaya. Kalau dia mau ceramah tentang budaya, silahkan, tapi hargai budaya tersebut, hargai kearifan lokal tersebut. Silahkan ceramah, tapi tetap hargai budaya," pungkasnya.

Sentil Khalid Basalamah soal Wayang, MUI: Yang Haram Kalau Anggota Tubuhnya Lengkap!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati