logo


Hasil Survei SMRC: Pernyataan Arteria Dahlan Berdampak Negatif pada Elektabilitas PDIP

Manajer Program SMRC mengatakan bahwa pernyataan politikus PDIP, Arteria Dahlan, soal bahasa Sunda berdampak negatif terhadap elektabilitas partai.

15 Februari 2022 15:53 WIB

Arteria Dahlan
Arteria Dahlan twitter @DPR_RI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Manajer Program Saiful Mujani Research Center (SMRC), Saidiman Ahmad, mengatakan bahwa pernyataan politikus PDIP, Arteria Dahlan, soal bahasa Sunda berdampak negatif terhadap elektabilitas partai.

"Isu atau kasus Arteria Dahlan terkait pernyataan etnis Sunda itu berdampak negatif terhadap elektabilitas PDIP," ujar Saidiman saat memaparkan hasil survei, Selasa (15/2).

"Ini artinya ada efek dari pengetahuan publik Jabar terhadap peristiwa itu terhadap keterpilihan PDIP. Mereka yang tahu (peristiwa) itu cenderung lebih sedikit memilih dari pada yang tidak tahu," lanjut Saidiman.


Arteria Dahlan Tak Bisa Dipidanakan, MKD DPR Sebut Hak Imunitas Bersifat Mutlak

Saidiman menyebut bahwa warga Jabar yang tidak mengetahui peristiwa itu dan memilih PDIP 21 persen. Sedangkan, mereka yang anggap Arteria menyinggung etnis Sunda hanya 11 persen yang memilih PDIP.

"Jadi intinya adalah bahwa pernyataan atau kasus pernyataan Arteria Dahlan ini punya pengaruh elektabilitas PDIP," ucapnya.

Saidiman mengatakan bahwa ada 66 persen warga Jabar mengetahui pernyataan Arteria.

"Peristiwa ini cukup menghebohkan jadi warga Jawa Barat, umumnya atau mayoritasnya mengetahui peristiwa itu," tuturnya.

Ahli Pidana Sebut Arteria Dahlan Tak Bermaksud Memprovokasi dan Merendahkan Bahasa Sunda

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata