logo


Viral Video Haikal Hassan Diduga Hina Bung Karno, Ruhut: Kadrun Ini Harus Segera Diproses Hukum!

Haikal dinilai sudah kelewatan karena menghina proklamator, Bung Karno.

12 Februari 2022 05:30 WIB

Ruhut Sitompul
Ruhut Sitompul twitter.com/ruhutsitompul

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Politikus PDIP Ruhut Sitompul sangat menantikan Sekjen HRS Center Haikal Hassan diproses hukum terkait video ceramahnya yang diduga menghina Presiden Soekarno atau Bung Karno.

Lewat akun Twitternya, Ruhut mengunggah poster bergambar Haikal Hassan. Di situ, tertulis “Dia telah menghina Soekarno Proklamator Presiden RI pertama #PenjarakanHaikalHassan”.

Anak buah Megawati Soekarnoputri itu mendukung adanya jeratan hukum bagi Haikal Hassan. Pasalnya, menurut dia, ulah orang dekat Habib Rizieq Shihab itu sudah keterlaluan.


Puan Maharani Curhat Pernah Tidak Disambut Gubernur, Ini Kata PDIP

“Memang, kadrun ini harus segera diproses berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Hukum Indonesia MERDEKA,” tegasnya, dikutip dari akun @ruhutsitompul, Sabtu (12/2).

Diketahui, dalam video yang beredar di media sosial, Haikal Hassan menceritakan sejarah pertemuan muktamar ulama (ijtimak) yang pertama pada 11 September 1957.

Menurutnya, muktamar ulama yang digelar di Palembang itu dihadiri sejumlah ulama dan tokoh nasional di zaman pra kemerdekaan di antaranya Buya Hamka, Muhammad Natsir, Syahrir hingga Kahar Mudzakkar.

Pada saat bersamaan, Haikal menyebut Bung Karno bersama tokoh PNI, PKI dan Nasakom menghina para ulama yang melangsungkan muktamar di Palembang tersebut.

“Tahu apa yang terjadi di Jakarta? Bung Karno bersama PNI-nya, PKI-nya dan Nasakom-nya ngata-ngatain ulama sedang rapat dan sedang muktamar,” kata dia.

Haikal menyebut Bung Karno menuduh ulama dan tokoh nasional yang menghadiri muktamar itu tidak bermoral (amoral).

“Mereka menuduh ulama yang sedang rapat itu, yang sedang muktamar itu amoral. Kata Bung Karno. Jangan ditutup-tutupi ini sejarah,” ungkapnya meluap-luap.

“Bung Karno kan proklamator? Iye. Bung Karno kan berjasa? Iye gue tahu. Bung Karno hebat? Setuju. Tapi jangan lupa Bung Karno tukang penjarain para ulama bersama Nasakom-nya. Silakan bantah kalau bisa!,” cetusnya.

PDIP Kritik Anies yang Pamer Kemacetan Turun, Gerindra: Memang Sih Apa yang Disampaikan Tidak Salah

Halaman: 
Penulis : Iskandar