logo


Transisi ke Pasar Online, UKM Diyakini Lebih Produktif dengan Google Workspace

Terralogiq resmi menjadi reseller Google Workspace setelah selama ini dikenal publik sebagai premier partner Google dalam Google Maps Platform.

10 Februari 2022 12:30 WIB

Google Workspace
Google Workspace Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Cepat atau lambat, semua pengusaha UKM akan membawa bisnis mereka ke pasar digital.

Inilah yang diyakini oleh PT Terralogiq Integrasi Solusi yang selama ini menjadi mitra integrasi berbagai jenis bisnis, dari pengusaha kecil hingga perusahaan multinasional.

Farry Argoebie mewakili Terralogiq memberikan pandangan tentang peran teknologi dalam transisi bisnis digital bagi pengusaha dan bisnis UMKM.


Google Diminta Segera Hapus Telegram dari Play Store

“Fokus kita saat ini tidak lagi pada rencana digitalisasi bisnis tetapi lebih kepada infrastruktur teknologi apa saja yang efektif untuk kebutuhan mereka. Khusus UKM, digitalisasi sudah terjadi selama masa pandemi dimana mereka mau tidak mau harus beradaptasi dengan perubahan. Yang jadi pertanyaan, setelah beralih ke bisnis digital, apakah teman-teman dari UKM sudah menggunakan dukungan teknologi yang tepat?,” ujar Farry di Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Menurut Farry, konsep bisnis digital tidak hanya menyangkut kemampuan pelaku bisnis dalam memanfaatkan teknologi melainkan pula para pelaku bisnis ini mengontrol, mengukur, menganalisis dan mengambil keputusan. Kecanggihan teknologi tidak akan berdampak bagi keberhasilan bisnis jika tidak ada sistem koordinasi yang mampu mengatur seluruh SDM yang terlibat. Google workspace dikembangkan untuk tujuan tersebut.

Terralogiq memperkenalkan Google Workspace kepada pelaku usaha UKM agar dapat digunakan dalam sistem manajemen personalia.

Sebagaimana diketahui, Google Workspace merupakan sekumpulan perangkat yang disediakan oleh Google untuk mengelola kerja sama tim, pembagian tugas, komunikasi internal, transfer informasi, hingga akses terhadap data perusahaan.

Farry Argoebie tidak setuju jika ada pandangan yang menyebutkan Google Workspace tidak diperlukan oleh tim kerja kecil seperti pada Usaha Kecil Menengah.

Sebaliknya, dia berpendapat bahwa usaha UKM yang mau menggunakan Google Workspace atau sebelumnya G Suite akan mengangkat level manajemen SDM dari kelompok kecil yang dimaksud. Dengan memanfaatkan infrastruktur tersebut, UKM menghilangkan cara kerja sama tim yang tidak efektif dan tidak fleksibel.

Peran UKM dalam Ekonomi Digital

Dari sekian banyak fitur yang terdapat dalam Google Workspace, manfaat penting bagi UKM dapat dilihat dari beberapa fitur seperti Docs yang berfungsi sebagai lembaran kerja bersama, Drive sebagai tempat penyimpanan berbagai data yang dapat diakses bersama, Calendar sebagai penjadwalan rencana kerja masing-masing anggota tim, dan Keep sebagai catatan bersama untuk berbagi ide bisnis.

Bagi Terralogiq, UKM yang merupakan pilar terpenting dalam perekonomian harus melihat sisi efektivitas yang ditawarkan oleh Google Workspace. Perlu kualitas kerja tim dalam menerapkan teknologi otomasi dan teknologi cerdas dalam proses bisnis. Semua itu dibutuhkan agar UKM dapat dengan cepat bergerak dan beradaptasi dengan keadaan pasar yang berubah dengan cepat melalui kehadiran teknologi baru.

Masih menyangkut kecakapan memanfaatkan teknologi, Farry menambahkan bahwa Google Workspace menyediakan platform profesional kepada penggunanya. Dengan demikian, usaha UKM yang sebelumnya tidak memiliki struktur organisasi kerja profesional akan beralih ke level yang diharapkan. Pelaku usaha tidak perlu memikirkan pengelolaan sistem, tidak memerlukan biaya perawatan, dan dengan skema ‘pay as you go’ dimana bisnis hanya perlu membayar biaya sesuai penggunaan masing-masing.

Saat ini, Terralogiq resmi menjadi reseller Google Workspace setelah selama ini dikenal publik sebagai premier partner Google dalam Google Maps Platform.

Lima Belas Negara Bagian AS Layangkan Gugatan terhadap Praktek Monopoli Google

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar