logo


Listrik Padam di Desa Wadas, PLN: Tak Ada Unsur Kesengajaan, Murni Gangguan Alam

pemadaman listrik di Desa Wadas terjadi akibat adanya gangguan pohon tumbang yang menimpa jaringan PLN.

9 Februari 2022 14:23 WIB

Perbaikan aliran listrik
Perbaikan aliran listrik Istimewa

PURWOREJO, JITUNEWS.COM – PT PLN (Persero) menepis tudingan adanya unsur kesengajaan padamnya listrik demi menghambat komunikasi warga di Desa Wadas, Purworejo.

PLN menegaskan pemadaman listrik di Desa Wadas terjadi akibat adanya gangguan pohon tumbang yang menimpa jaringan PLN.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Magelang, Yunarsih menuturkan, PLN memastikan terus menjalankan tugasnya menjaga pasokan listrik ke pelanggan, perseroan tidak terlibat dalam kegiatan di luar itu.


Penjualan Listrik Naik di 2021, PLN: Bukti Perekonomian Indonesia Mulai Pulih

“PLN tidak bisa serta merta memadamkan aliran listrik tanpa alasan yang jelas, kecuali dalam keadaan darurat seperti bencana alam. Faktor lain yang menyebabkan listrik padam adalah gangguan,” ujar Yunarsih, Rabu (9/2/2022).

Yunarsih mengatakan berdasarkan penelurusan di lapangan, padam listrik yang terjadi pada tanggal 9 Februari 2022 di Desa Wadas akibat pohon bambu yang tumbang menimpa jaringan, pada pukul 10.20 WIB gangguan telah berhasil ditangani petugas dan aliran listrik sudah kembali pulih.

Ia mengakui upaya lokalisir tersebut memang terhambat akibat lalu lintas yang ramai dan padat di sekitar lokasi, sehingga proses pencarian penyebab padam membutuhkan waktu yang lebih lama.

Pada 2 hari sebelumnya yaitu pada tanggal 7 Februari 2022 pukul 20.58 WIB juga terdapat gangguan yang disebabkan oleh faktor binatang di lokasi yang sama, namun pada pukul 23.00 WIB PLN berhasil mengatasi dan langsung memulihkan aliran listrik.

Sedangkan pada hari Selasa tanggal 8 Februari 2022 PLN tidak menerima informasi terkait padam listrik seperti yang diberitakan.

“Jadi memang murni karena adanya gangguan dari alam, tidak ada unsur kesengajaan. Kami berkomitmen untuk terus memberikan listrik yang handal kepada masyarakat,” imbuh Yunarsih.

Diimbau bagi masyarakat yang ingin melaporkan gangguan ataupun mendapatkan informasi seputar kelistrikan dapat melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di Playstore dan Appstore ataupun menghubungi Contact Center 123.

Dukung Produksi Migas Nasional, PLN Siap Pasok Listrik ke Blok Rimau Milik Medco E&P

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar