logo


Ganjar Minta Warga Wadas Tak Takut Aparat, KontraS: Bentuk Kecacatan Logika!

Ucapan Ganjar itu terlontar saat tindakan represif aparat terhadap warga Wadas berlangsung.

9 Februari 2022 13:16 WIB

Ganjar Pranowo.
Ganjar Pranowo. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menilai pesan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ke warga Wadas agar tak takut dengan keberadaan aparat merupakan bentuk kecacatan logika.

Pasalnya, ucapan Ganjar itu terlontar saat tindakan represif aparat terhadap warga Wadas berlangsung.

“Kalimat "tidak perlu ditakuti" yang terlontar dari ucapan Ganjar Pranowo saat merespons ribuan aparat kepolisian yang menyerbu Desa Wadas adalah bentuk kecacatan logika dan ketidakberpihakan seorang Gubernur terhadap warganya!” tulis KontraS melalui akun Twitter resminya, dikutip Rabu (9/2).


Soal Insiden di Wadas, NasDem Minta Komnas HAM Turun ke Tempat Kejadian

“Bagaimana bisa pernyataan tersebut terlontar ketika aparat merangsek masuk ke Desa Wadas dengan senjata lengkap, hingga ada pengerahan brimob, pengejaran warga & penangkapan sewenang-wenang yang tengah terjadi,” lanjutnya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo membenarkan adanya kegiatan pengukuran lahan di Desa Wadas. Kedatangan polisi di lokasi, terang dia, guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Iya ada pengukuran, hanya pengukuran saja kok, tidak perlu ditakuti, tidak akan ada kekerasan," kata Ganjar.

Diketahui, hingga Rabu (9/2) pagi, sekitar 63 warga Wadas yang ditangkap paksa oleh aparat belum dibebaskan. Sementara kondisi di desa Wadas masih dipenuhi ratusan aparat.

Sesalkan Tindakan Represif Aparat di Wadas, Cak Imin: Apapun Alasannya Tidak Bisa Dibenarkan!

Halaman: 
Penulis : Iskandar