logo


Soal Insiden di Wadas, NasDem Minta Komnas HAM Turun ke Tempat Kejadian

Terjadi insiden ketika aparat diturunkan untuk mengawal pengukuran lahan di Desa Wadas

9 Februari 2022 12:31 WIB

rilis.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Terjadi insiden ketika aparat diturunkan untuk mengawal pengukuran lahan di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah. Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi NasDem, Taufik Basari, meminta Komnas HAM untuk turun ke tempat kejadian guna mengumpulkan informasi.

"Meminta Komnas HAM untuk turun tempat kejadian di Desa Wadas untuk mengumpulkan informasi dan meminta agar Mabes Polri membantu memfasilitasi dan mendukung kerja Komnas HAM di Desa Wadas," kata Taufik Basari kepada wartawan, Rabu (9/2).

Taufik meminta Komnas HAM bersama Mabes Polri untuk menjelaskan kepada publik terkait hasil temuannya.


Ketum KITA Minta Ganjar Datang ke Wadas, Selesaikan Masalah dengan Dialog

"Meminta Komnas HAM bersama Mabes Polri menjelaskan kepada publik hasil temuannya, mengingat terdapat beberapa versi informasi yang beredar di publik agar publik mendapatkan informasi yang valid, lengkap dan komprehensif," katanya.

Menurutnya, Polri seharusnya menjaga warga agar merasa aman.

"Semestinya Polri menjaga agar warga merasa aman tidak diliputi rasa takut akibat tekanan yang terjadi karena itu dialog dan langkah persuasif yang harusnya dikedepankan," ujarnya.

Sebelumnya, aparat gabungan dari Polda Jateng, Brimob, dan TNI diturunkan guna mengamankan proses pengukuran di Desa Wadas, kemarin Selasa (8/2). Pengukuran lahan dilakukan untuk pembangunan Bendungan Bener.

Sebagian petugas berjaga di sekitar masjid kampung di mana warga menggelar istigasah. Sedangkan lainnya, mengawal warga bersama pihak BPN untuk melakukan pengukuran.

Awalnya, istigasah berjalan damai namun dihentikan karena ada warga yang diduga memicu kericuhan dan kedapatan membawa senjata tajam. Petugas akhirnya mengamankan dan puluhan warga yang dianggap provokator diangkut ke Mapolres Purworejo.

Soal Insiden di Wadas, Politikus Demokrat Minta Polri dan Ganjar Beri Penjelasan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata