logo


Beberkan Asal Mula Kerangkeng Manusia, Bupati Langkat: Itu Tempat Pembinaan Pemuda Pancasila

Terbit menyebut ruangan berjeruji di kediamannya sudah ada sebelum ia menjabat sebagai Bupati Langkat pada tahun 2019.

8 Februari 2022 06:00 WIB

Tangkapan layar kerangkeng di rumah Bupati Langkat nonaktif, Terbit Rencana Perangin Angin
Tangkapan layar kerangkeng di rumah Bupati Langkat nonaktif, Terbit Rencana Perangin Angin Dok Diskominfo Langkat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bupati nonaktif Langkat Terbit Rencana Perangin-Angin menolak menyebut kerangkeng manusia untuk ruangan berjeruji di kediamannya. Ia mengklaim bahwa ruangan itu sebagai tempat pembinaan bagi warga yang kecanduan narkoba.

"Itu bukan kerangkeng manusia. Itu tempat pembinaan. Bukan kerangkeng, hanya tempat pembinaan," kata Terbit Rencana Perangin Angin kepada wartawan usai diperiksa Komnas HAM, Senin (7/2/2022).

Ia juga mengklaim bahwa warga yang berada di ruangan tersebut tengah mengasah keterampilan sehingga bisa bersaing di dunia luar.


Rehabilitasi Cuma Kedok, Migrant Care: Kerangkeng Bupati Langkat Tetap Perbudakan Modern

"Bukan dipekerjakan, hanya untuk memberikan sebagai skill. supaya menjadi keterampilan dari situ orang itu bisa memanfaatkan di luar," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Terbit juga membeberkan asal mula ruangan berjeruji yang ia klaim sebagai tempat pembinaan pecandu narkoba. Ia menyebut ruangan itu sudah ada sebelum ia menjabat sebagai Bupati Langkat pada tahun 2019.

Ia pun tidak menampik apabila tempat pembinaannya itu tidak mendapat izin dari aparat kepolisian maupun Badan Narkotika Nasional (BNN). Ia mengatakan bahwa ruangan tersebut awalnya digunakan sebagai tempat pembinaan kader Pemuda Pancasila.

"Kalau izin itu bukan tempat rehab, itu pembinaan. Awalnya itu untuk pembinaan organisasi. Organisasi saya sendiri sebagai tokoh Pemuda Pancasila. Supaya bisa menghilangkan pecandu narkoba," bebernya.

11 dari 48 Penghuni Kerangkeng Manusia Bupati Langkat Negatif Narkoba, Ini Kata BNN

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati