logo


Guru Ini Jadi 'Senjata' Jokowi Didik Anak-Anak di Wilayah Terpencil

Tenaga pengajar 3T yang telah diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS)

25 Mei 2015 10:52 WIB

Presden Jokowi (Ist)
Presden Jokowi (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Senin (25/5) melepas sebanyak 798 guru yang akan bertugas di wilayah-wilayah terdepan, terluas, dan tertinggal (3T). Pelepasan para abdi negara itu dilakukan di halaman Istana Negara, Jakarta.

Agar para guru tersebut betah bekerja di wilayah tertinggal itu, pemerintah juga menetapkan guru-guru itu sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya, guru 3T akan bekerja secara permanen di daerah tujuan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, tenaga pengajar 3T yang telah diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) akan ditempatkan di empat provinsi, yaitu Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, dan Papua Barat, yang mencakup 28 kabupaten yaitu, Aceh Besar, Aceh Timur, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Alor, Deiyai, Flores Timur, Gayo Lues.


Wacana Hukuman Mati Bagi Koruptor, Jokowi: Ya Bisa Saja Kalau ...

Selain itu ada pula guru 3T itu akan ditugaskan ke Jayawijaya, Yapen, Kupang, Lanny Jaya, Manggarai, Manggarai Timur, Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Bintang, Raja Empat, Rote Ndao,Simeulue, Sorong, Sorong Selatan, Sumba Timur, Supiori, Tambrauw, Teluk Bintuni, Waropen, dan Yalimo.

"Para guru tersebut merupakan lulusan dari proses seleksi abdi negara dengan formasi 3T, yang diikuti oleh alumni perserta serjana mendidik di daerah terluar, terdepan, dan terpencil," kata Anies.

Anies menjelaskan, awal mulanya pemerintah sebenernya menyiapkan formasi untuk guru daerah khusus sebanyak 1.000 orang. Namun setelah di tes, hanya ada 809 guru yang lulus dan nilainya di atas ambang batas dan lolos verifikasi administrasi. Di tahap akhir, ada sembilan guru yang membatalkan secara sepihak. Sehingga akhirnya terjaring 798 orang guru CPNS di garis depan.

Apresiasi Kinerja Jokowi, Anies Baswedan: Untungnya Kalau Presiden Itu Pernah Jadi . . .

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan