logo


Heran Tender Sirkuit Formula E Tiba-tiba Ada, PSI Pertanyakan Transparasinya

PSI meminta JakPro transparan mengenai proses lelang tender sirkuit Formula E

7 Februari 2022 06:30 WIB

PSI
PSI istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru bicara PSI, Sigit Widodo, mengaku heran dengan PT Jakarta Properindo (JakPro) yang telah mengumumkan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama sebagai pihak yang akan mengerjakan sirkuit Formula E. Menurutnya, ada ketidaktransparan dalam menentukan pemenang tender.

Sigit mengaku rutin memantau website epoc.jakarta-propetindo.com. Namun kata dia, hanya ada informasi mengenai gagal tender.

"Jadi sejak berkala saya rutin liatin eproc-nya JakPro, tapi tidak ada di situ. Saya lihat tidak ada sama sekali, sampai Sabtu kemarin ada informasi bahwa sudah ada pemenang tender. Ini tendernya di mana, nih? Karena saya liat eproc-nya, jeda antara 25 Januari sampai 5 Februari nggak ada. Tiba-tiba muncul dan diumumkan juga ada pemenangnya," kata Sigit kepada wartawan, Minggu (6/2/2022).


Covid Kembali Melonjak, Anies Izin ke Luhut PPKM Dinaikan Level 3

Sigit meminta JakPro transparan mengenai proses lelang tender sirkuit Formula E. Ia mengaku tidak akan berspekulasi terkait penunjukkan langsung pemenang tender itu.

"Saya pertanyakan transparansinya sebetulnya. Kalau terjadi, tendernya tidak dilakukan di website itu, misal Jakpro ada website lain. Mohon dibuka aja, sih," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyayangkan pemenang tender yang tetap datang dari perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta. Ia meyakini apabila durasi lelang ditambah maka JakPro seharusnya bisa mendapatkan perusahaan yang lebih mumpuni di bidangnya.

"Jangan-jangan ada perusahaan lebih mampu, lebih murah sehingga lebih efisien dalam pembangunannya tapi nggak bisa ikut karena terlalu cepat. Paling nggak dibuka 1-2 minggu. Ini nggak ada pengumumannya. Nah kan di website nggak ada pengumuman ulang. Itu saya butuh penjelasan," pungkasnya.

 

Usulannya Soal PTM Disetop 100 Persen Ditolak Luhut, Anies Singgung Good Governance

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati