logo


Pakar Kimia: Kenali Ciri Beras Plastik!

Material plastik itu anti air atau istilahnya hidrophobic (tidak suka air). Berbeda dengan beras yang sifatnya

25 Mei 2015 10:22 WIB

Beras plastik beredar di masyarakat
Beras plastik beredar di masyarakat

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Asmo Wahyu, pakar kimia dari Universitas Indonesia, memaparkan cara mengenali beras plastik. Ada beberapa cara sederhana untuk membedakan beras asli dengan beras yang dicampur dengan material plastik.

“Material plastik itu anti air atau istilahnya hidrophobic (tidak suka air). Berbeda dengan beras yang sifatnya suka dan butuh air. Kalau memang beras plastik, beras akan tetap keras jika dimasak,” kata Asmo di Jakarta (22/5). Selain itu, ia juga memberikan beberapa cara sederhana untuk membedakan beras asli dengan beras plastik.

Pertama, bulir beras asli memiliki guratan dari bekas sekam padi, sedangkan beras plastik tidak ada guratan pada bulirnya. Kedua, bulir beras asli terdapat warna putih (zat kapur) di setiap ujungnya, sedangkan beras plastik tidak terdapat warna putih di ujung bulir berasnya. Terakhir, beras asli yang direndam air akan berubah warna menjadi putih, sedangkan beras plastik yang direndam air tidak akan menyatu dengan air tersebut dan warna air tidak akan berubah menjadi putih.


Wow Ada Pepes Ikan Nuklir?

Beberapa waktu lalu, sampel beras yang ditemukan di daerah Bekasi telah diujicoba di laboratorium Sucofindo.  Terbukti dari hasil laboratorium bahwa beras tersebut mengandung bahan plastik polyvinyl. Bahan polyvinyl biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat pipa air dan paralon.

“Tetapi, hasil temuan beras plastik yang diuji di laboratorium Sucofindo tidak menjabarkan seberapa besar kandungan material plastik (polyvinyl),” ujar Asmo. Lebih jauh, Asmo memaparkan bahwa sampai saat ini harga material plastik lebih mahal dari harga beras. Bahan plastik tersebut umumnya bersifat anti air. Beras tidak akan mungkin dapat dimasak jika terkandung material plastik di dalamnya, kata Asmo.   

Petani Sawit Dihimbau Beli Bibit Bersertifikat

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid