logo


Arteria Dahlan Tak Bisa Dipidanakan, MKD DPR Sebut Hak Imunitas Bersifat Mutlak

Polda Metro Jaya mengatakan bahwa menurut hasil gelar perkara, ucapan Arteria Dahlan tidak dapat dipidana

4 Februari 2022 20:05 WIB

Arteria Dahlan.
Arteria Dahlan. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Polda Metro Jaya mengatakan bahwa menurut hasil gelar perkara, ucapan Arteria Dahlan tidak dapat dipidana. Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR menilai hasil gelar perkara Polda Metro Jaya tepat.

"Intinya anggota DPR tidak dapat dituntut di depan pengadilan karena pernyataan, pertanyaan, dan/atau pendapat yang dikemukakannya baik secara lisan maupun tertulis di dalam rapat DPR ataupun di luar rapat DPR yang berkaitan dengan fungsi serta wewenang dan tugas DPR," kata Wakil Ketua MKD DPR RI, Nazaruddin Dek Gam kepada wartawan, Jumat (4/2).

"Selain itu anggota DPR juga tidak dapat dituntut di depan pengadilan karena sikap, tindakan, kegiatan di dalam rapat DPR ataupun di luar rapat DPR yang semata-mata karena hak dan kewenangan konstitusional DPR dan/atau anggota DPR," imbuhnya.


Sebut Arteria Dahlan Punya Hak Imunitas, Polda Metro Jaya: Tidak Dapat Dipidanakan

Dek Gam mengatakan bahwa hak imunitas anggota DPR bersifat mutlak. Dek Gam menjelaskan bahwa jika ada wakil rakyat yang bersikap tidak sesuai dengan aspirasi pemilihnya maka akan dievaluasi di pemilu berikutnya.

"Imunitas itu bukan sekedar norma yang diatur UU tetapi norma yang ada di konstitusi, jadi sifatnya sangatlah mutlak. DPR adalah lembaga hasil pemilihan, jika ada wakil rakyat yang berbicara atau bersikap tidak sesuai dengan aspirasi pemilihnya, maka dia akan dievaluasi oleh pemilihnya pada pemilu berikutnya. Itu bentuk konkret penegakan hak memilih rakyat," jelasnya.

Dek Ham mengatakan bahwa semua laporan yang masuk ke MKD akan diperlakukan sesuai dengan prosedur.

"Begitu selesai lockdown kami akan pelajari kelengkapan administrasi laporan para pelapor, setelah dipastikan seluruh syarat lengkap baru kami bisa mengadakan rapat pleno untuk membahas substansi laporan dan seterusnya," katanya.

Arteria Dahlan Tak Bisa Dipidana karena Hak Imunitas, Polisi: Laporkan Saja ke MKD DPR

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata