logo


Bersama Jokowi Resmikan Penataan Kawasan Pantai Bebas, Menteri PUPR: Jadi Ikon Baru Parapat

Jokowi mengatakan bahwa kegiatan penataan Kawasan Parapat hasilnya sudah sangat baik.

2 Februari 2022 16:54 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat, Rabu (2/2/2022).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat, Rabu (2/2/2022). Kementerian PUPR

SIMALUNGUN, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (2/2/2022).  Peresmian tersebut merupakan rangkaian agenda kunjungan kerja di Destinasti Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba

Pada kesempatan tersebut, Jokowi  berpesan agar kawasan tersebut diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung industri kreatif untuk menumbuhkan perekonomian di Sumatera Utara.

"Saya melihat sudah ada perbaikan menyeluruh, sehingga nanti Menteri Pariwisata bisa membangun kembali citra kawasan dengan melakukan rebranding sehingga antara Danau Toba dengan kawasan-kawasan destinasi pariwisata yang lain masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda. Saya melihat ada potensi besar di Kawasan Danau Toba ini," ujarnya.


Dugaan Permainan Karantina, PDIP Minta Aparat Selidiki Keterlibatan Oknum Petugas Berbagai Tingkatan

Jokowi mengatakan bahwa kegiatan penataan Kawasan Parapat hasilnya sudah sangat baik.

“Kawasan ini memiliki ruang terbuka baru yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Sekarang kawasan ini sudah memiliki Amphitheatre untuk pertunjukan seni budaya sekaligus memandang Danau Toba," sambungnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan selain penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat juga dikerjakan pembangunan IPAL Parapat untuk mencegah pencemaran perairan Danau Toba dari limbah domestik di kawasan.

"Keduanya akan menjadi ikon baru dan merubah wajah Kawasan Parapat," tutup Menteri Basuki.

Diketahui, penataan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat yang memiliki daya tarik keindahan pemandangan Danau Toba ini dikerjakan di atas lahan seluas kurang lebih 10.000 m2 oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR sejak 21 Oktober 2020 dan selesai akhir 2021.

Biaya pembangunannya bersumber dari APBN sebesar Rp84,6 miliar dengan kontraktor PT. Wika Gedung yang meliputi penataan kawasan pantai bebas, penataan ruang terbuka publik Parapat, pembangunan gerbang DPSP arah Medan, dan pembangunan gerbang DPSP arah Silangit. Di kawasan RTP Pantai Bebas Parapat dilengkapi dengan wahana bermain dan sport seperti, skateboard, joging area, spot selfie dengan paduan pemandangan Danau Toba.

Soroti Keterlambatan Distribusi Obat Telemedisin, Jokowi Perintahkan Bisa Tiba Hitungan Jam

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati