logo


Picu Bencana Besar, PM Inggris Desak Vladimir Putin Batalkan Rencana Invasi ke Ukraina

PM Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa invasi militer Rusia ke Ukraina akan memicu bencana besar bagi dunia, khususnya bagi Rusia sendiri

1 Februari 2022 14:45 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, pada Senin (31/1) mengatakan bahwa ia akan meminta Presiden Rusia Vladimir Putin untuk "mundur dari jurang", seraya menambahkan bahwa invasi Rusia ke Ukraina akan menjadi bencana mutlak bagi seluruh dunia.

"Apa yang akan saya katakan kepada Presiden Putin, seperti yang telah saya katakan sebelumnya, adalah bahwa saya pikir kita semua benar-benar harus mundur dari jurang. Saya pikir Rusia perlu mundur dari jurang," kata Johnson dikutip Sputniknews.

Perdana menteri Inggris tersebut juga mengatakan bahwa "invasi ke Ukraina, setiap serangan ke Ukraina di luar wilayah yang telah diambil Rusia pada tahun 2014 akan menjadi bencana mutlak bagi dunia, dan di atas segalanya, itu akan menjadi bencana bagi Rusia".


Inggris Akan Segera Bekukan Aset Perusahaan-perusahaan Swasta Rusia

Kantor Johnson telah mengumumkan bahwa dia akan melakukan percakapan telepon dengan Putin di tengah meningkatnya ketegangan di perbatasan Rusia-Ukraina.

Negara-negara Barat belakangan ini menuduh Rusia telah meningkatkan altivitas militernya di sepanjang perbatasan dengan Ukraina. Hal tersebut disebut sebagai persiapan untuk invasi.

Rusia, di sisi lain, terus membantah tuduhan itu dan menekankan bahwa pihaknya tidak berniat untuk meluncurkan operasi militer terhadap negara mana pun. Rusia juga memandang tuduhan itu sebagai dalih untuk memposisikan peralatan militer NATO di dekat perbatasan Rusia.

Inggris Bekukan Aset Perusahaan Rusia, Moskow Ancam Lakukan Pembalasan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia