logo


Kasus Covid-19 Naik Tiap Hari, IDI: Kita Berhasil Memasuki Gelombang Tiga

IDI sebut ada ketimpangan jumlah tes Covid-19 di sejumlah provinsi.

31 Januari 2022 15:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban menyatakan Indonesia telah memasuki gelombang tiga kasus Covid-19. Pasalnya, kata dia, tingkat penularan atau positivity rate Covid-19 di tanah air tinggi. Bahkan tingkat keterisian rumah sakit atau BOR juga kian tinggi.

"Bagi yang mengira kita telah masuk gelombang tiga, ya kita telah 'berhasil' memasukinya. Kasus naik tiap hari, BOR dan positivity rate juga, plus klaster," kata Zubairi lewat akun Twitter @ProfesorZubairi, Senin (31/1/2022).

Zubairi lantas menyinggung terkait strategi pelacakan kontak erat dan penulusuran kasus yang disebutnya belum maksimal. Ia menyebut ada ketimpangan jumlah tes Covid-19 di sejumlah provinsi.


Paus Francis Bilang Disinformasi dan Hoax soal Vaksin Covid-19 adalah Pelanggaran HAM

Ia menyebut jumlah tes di Jakarta tinggi, namun di daerah masih rendah. Padahal, kata dia, transmisi penularan Covid-19 telah menyebar ke banyak daerah.

"Kita ini berjalan seperti biasa saja-tanpa sadar bahwa yang terinfeksi itu sebenarnya sudah di mana-mana," ujarnya.

Meski demikian, Zubairi meminta masyarakat tidak panik dengan adanya gelombang tiga Covid-19. Ia mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol keseatan Covid-19.

"Tapi jangan panik. Kita bisa atasi sebelum jadi lebih buruk. Pemutusan rantai penularan harus dilakukan cepat dan efisien," lanjutnya

 

Kasus Omicron Naik, Ustaz Hilmi Sindir Pemerintah Tak Geser Hari Libur Imlek

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati