logo


Inggris Segera Kirim Pasukan Tambahan dan Alat Perang ke Estonia

Hal itu dilakukan untuk menghadapi potensi serangan militer Rusia terhadap Ukraina

30 Januari 2022 21:17 WIB

PM Inggris Boris Johnson
PM Inggris Boris Johnson istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan langkah untuk meningkatkan dukungan militernya bagi negara sekutu NATO, termasuk dengan meningkatkan jumlah pasukan militer yang diposisikan di Estonia.

"Pesawat jet cepat, kapal perang, dan tim spesialis militer dapat dikirim untuk melindungi sekutu NATO," demikian pernyataan kantor Perdana Menteri Inggris dalam sebuah pernyataan tertulis pada Sabtu (29/1), dikutip Sputniknews.

Downing Street, sebutan lain dari kantor kepala pemerintahan Inggris tersebut, menambahkan bahwa Inggris sedang "mempertimbangkan opsi untuk menggandakan jumlah pasukan dan mengirim senjata pertahanan ke Estonia".


Kecepatan Terbang Rudal Balistik Kim Jong-un Disebut Capai 16 Kali Kecepatan Suara

Hal itu dilakukan "dalam menghadapi meningkatnya agresi Rusia" dan dapat memperkuat pertahanan NATO dan "mendukung dukungan Inggris untuk mitra Nordik dan Baltik".

"Saya telah memerintahkan Angkatan Bersenjata kami untuk bersiap untuk ditempatkan di seluruh Eropa minggu depan, memastikan kami dapat mendukung sekutu NATO kami di darat, di laut, dan di udara," kata PM Inggris Boris Johnson.

Seperti diketahui, belakangan ini negara Barat menuduh Rusia telah meningkatkan jumlah pasukan militernya di dekat perbatasan Ukraina sebagai persiapan invasi. Moskow telah membantah tuduhan ini, dan balik menuding NATO lah yang meningkatkan aktivitas militernya di dekat perbatasan Rusia, yang dianggap sebagai ancaman bagi keamanan nasionalnya.

Inggris Siapkan Tambahan Sanksi bagi Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia