logo


Inggris Siapkan Tambahan Sanksi bagi Rusia

Menteri Luar Negeri Inggris mengatakan bahwa pihaknya akan memperluas sanksi terhadap Rusia terkait meningkatnya ketegangan antara negara barat dengan Moskow soal isu keamanan Ukraina

30 Januari 2022 21:06 WIB

Big Ben, Inggris
Big Ben, Inggris istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss pada Minggu (30/1) menyatakan bahwa pemerintah akan memperluas cakupan sanksi yang menargetkan Rusia, ditengah meningkatnya situasi ketegangan antara negara barat dengan Moskow di perbatasan Ukraina.

“Apa yang dimungkinkan oleh undang-undang tersebut adalah mengenai sasaran yang jauh lebih beragam. Jadi tidak ada seorang pun yang berpikir bahwa mereka akan kebal terhadap sanksi tersebut," kata Truss kepada Sky News.

Truss mengklaim, "tidak akan ada tempat untuk bersembunyi bagi oligarki Putin" dan "perusahaan Rusia yang menopang negara Rusia".


Pasokan Gas ke Turki Tetap Aman, Meski Iran Hentikan Pengiriman karena Masalah Teknis

Rancangan kebijakan tentang penguatan sanksi terhadap Rusia diharapkan akan dipresentasikan di Parlemen Inggris pada hari Senin (31/1).

Perdana Menteri Boris Johnson juga membahas situasi tersebut, menyebutnya "semakin mengkhawatirkan".

Truss juga menguraikan situasi ketegangan di perbatasan Ukraina-Rusia dalam sebuah artikel opini yang dirilis oleh media Inggris The Telegraph.

“Bersama-sama, kami mendesak Rusia untuk duduk untuk negosiasi yang tepat, berdasarkan prinsip-prinsip kunci kebebasan, demokrasi dan supremasi hukum. Alternatifnya hanya dapat berakhir dengan tragedi: dengan serangan yang tak terhindarkan mengarah pada penderitaan besar dan konsekuensi ekonomi yang parah melalui sanksi," tulis Truss.

"Saya akan terus membahas masalah ini dengan sekutu kami dan langsung ke Moskow untuk solusi diplomatik. Tapi saya juga siap untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjelaskan konsekuensi dari perang yang berkelanjutan," tambahnya.

Kecepatan Terbang Rudal Balistik Kim Jong-un Disebut Capai 16 Kali Kecepatan Suara

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia