logo


Lebanon Janji Tak Akan Jadi Tempat Peluncuran Kegiatan yang Ancam Keamanan Timur Tengah

Lebanon dilaporkan akan mengirimkan sebuah surat kepada negara-negara tetangganya yang berisi janji mereka untuk tidak akan menjadi tempat peluncuran kegiatan yang mengancam keamanan kawasan

30 Januari 2022 07:12 WIB

Bendera Lebanon
Bendera Lebanon istimewa

BEIRUT, JITUNEWS.COM - Pemerintah Lebanon dilaporkan akan mengirimkan surat kepada negara-negara tetangganya di Timur Tengah, dimana dalam surat tersebut mereka berjanji bahwa Lebanon “tidak akan menjadi landasan peluncuran" untuk kegiatan yang mengancam keamanan negara-negara Arab. Hal itu dilaporkan oleh seorang narasumber yang mengetahui surat itu kepada Reuters pada Jumat (28/).

Menteri luar negeri Lebanon Abdallah Bou Habib akan menyampaikan surat itu sebagai tanggapan atas proposal Kuwait tentang langkah-langkah membangun kepercayaan untuk mengakhiri keretakan diplomatik dengan negara-negara Teluk pada hari Sabtu dalam pertemuan tingkat menteri di Kuwait.

Surat itu akan mengatakan bahwa Libanon menghormati resolusi PBB untuk memastikan perdamaian sipil dan stabilitas nasional Lebanon.


Presiden Joe Biden Segera Kirim Pasukan Militer ke Ukraina, Begini Reaksi Pentagon

Sebelumnya, Abdallah Bou Habib menegaskan bahwa pihaknya tidak akan "menyerahkan" senjata milik kelompok Hizbullah kepada pihak asing. Hizbullah merupakan salah satu kelompok militan yang didukung Iran, yang juga terlibat dan memberikan dukungan bagi kelompok pemberontak Yaman, Houthi.

“Saya tidak akan (ke Kuwait) untuk menyerahkan senjata Hizbullah. Saya tidak akan mengakhiri keberadaan Hizbullah, itu tidak mungkin di Lebanon. Kami akan berdialog,” katanya kepada Al Jazeera

Paus Francis Bilang Disinformasi dan Hoax soal Vaksin Covid-19 adalah Pelanggaran HAM

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia