logo


Lebanon Tak Akan Serahkan Senjata Hizbullah demi Hubungan Diplomatiknya dengan Negara Timur Tengah

Menteri Luar Negeri Lebanon mengatakan bahwa Hizbullah merupakan sebuah fraksi penting di Lebanon, sehingga pemerintah tidak akan menyerahkan senjata milik kelompok tersebut kepada negara lain

29 Januari 2022 20:53 WIB

Gerakan Syiah Lebanon, Hizbullah
Gerakan Syiah Lebanon, Hizbullah Sputniknews

BEIRUT, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Lebanon menegaskan bahwa pihaknya tidak akan "menyerahkan" senjata milik kelompok Hizbullah kepada pihak asing. Hal tersebut ia sampaikan menjelang pertemuan dengan sejumlah menteri luar negeri negara Timur Tengah, yang bertujuan untuk memperbaiki hubungan diplomatik Lebanon dengan sejumlah negara tetangganya.

Arab Saudi dan sekutunya telah menangguhkan hubungan diplomatik dengan Lebanon setelah mantan Menteri Penerangan Lebanon George Kordahi mengkritik intervensi pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi di dalam konflik Yaman. Kordahi, sekutu Hizbullah, mengundurkan diri pada Desember 2021 kemarin.

“Saya tidak akan (ke Kuwait) untuk menyerahkan senjata Hizbullah. Saya tidak akan mengakhiri keberadaan Hizbullah, itu tidak mungkin di Lebanon. Kami akan berdialog,” kata Menteri Luar Negeri Lebanon Abdallah Bou Habib kepada Al Jazeera, merujuk pada pertemuan yang bertujuan untuk memperbaiki hubungan antara Beirut dan negara-negara Teluk Arab.


Sebuah Kesalahan bagi Eropa dan WHO untuk Tidak Memberikan Ijin Vaksin Covid Rusia

Lebanon dijadwalkan pada pertemuan di Kuwait pada hari Sabtu untuk menyampaikan tanggapannya terhadap persyaratan yang diperlukan untuk menormalisasi hubungan diplomatiknya dengan negara-negara Arab.

Negara-negara Timur Tengah khawatir jika Lebanon akan digunakan oleh kelompok militan yang dibentuk oleh pasukan Pengawal Revolusi Iran pada tahun 1982 tersebut tersebut dalam kegiatan yang mengancam keamanan kawasan, termasuk membantu kelompok pemberontak Houthi di Yaman.

 

Konflik Militer di Perbatasan Ukraina-Rusia dapat Hancurkan Hak-hak Warga Sipil

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia