logo


Honduras dan Venezuela Sepakat Jalin Kembali Hubungan Diplomatik

Hubungan diplomatik kedua negara telah terputus sejak 2010 lalu setelah adanya kudeta terhadap Presiden Honduras

29 Januari 2022 15:00 WIB

Bendera Venezuela
Bendera Venezuela istimewa

CARACAS, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Venezuela Felix Palencia pada Jumat (28/1) mengatakan bahwa negaranya telah membangun kembali hubungan diplomatiknya dengan Honduras.

"Wanita hebat ini [Presiden Honduras Xiomara Castro] ... bisa menjadi presiden karena demokrasi. Hari ini, ketika hubungan diplomatik dipulihkan, bersama-sama kita akan menentukan jalur yang jelas menuju persatuan Amerika Latin dan Karibia antara Venezuela dan Honduras," kata Palencia, dikutip Sputniknews.

Castro, presiden wanita pertama Honduras, secara resmi dilantik pada hari Kamis. Dia memenangkan pemilihan presiden pada November 2021, menandai berakhirnya rotasi kekuasaan selama 130 tahun antara Partai Liberal dan Partai Nasional.


Menteri Luar Negeri Rusia: Moskow Tidak Menginginkan Perang

Presiden Venezuela Nicolas Maduro termasuk di antara pemimpin pertama yang memberi selamat kepada Castro atas pelantikan tersebut. Usai upacara, Castro dan Palencia mengadakan pertemuan.

Hubungan diplomatik antara kedua negara terputus pada 2010 setelah kudeta terhadap mantan Presiden Honduras Manuel Zelaya, suami Castro.

Menhan AS Bilang Konflik dengan Rusia Tak Bisa Dihindari

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia