logo


PDIP Sodorkan Ahok Jadi Kepala Otorita IKN, PPP: Presiden Enggak Usah Didikte!

Penunjukan Kepala Otorita IKN merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

29 Januari 2022 11:46 WIB

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPP PPP Achmad Baidowi angkat bicara soal pengusulan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Baidowi heran Ahok seolah selalu menjadi andalan. Padahal, menurut dia, banyak figur lain yang lebih layak untuk memimpin daerah khusus itu.

“Tidak harus Pak Ahok, banyak figur-figur yang lain saya kira,” kata Baidowi, seperti dilansir dari Pojoksatu.id, Sabtu (29/1).


PDIP Sodorkan Ahok Jadi Kepala Otorita IKN, PKS ke Jokowi: Semoga yang Tidak Menimbulkan Kegaduhan Politik

Dia berharap tak ada pihak yang mendikte Presiden Jokowi dalam menentukan Kepala Otorita IKN. “Presiden enggak usah didikte siapa sosok yang akan ditunjuk sebagai kepala otorita”.

“Biarlah presiden diberikan keleluasaan tentunya presiden sudah mengantongi calon yang pas, tidak usah dipaksa-paksa,” tegas Baidowi.

Diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah menyodorkan nama Ahok sebagai Kepala Otorita IKN kepada Presiden Joko Widodo. Ahok dinilai cukup berpengalaman karena pernah menjabat wakil gubernur hingga gubernur DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, “Bu Mega sudah berdialog dengan Presiden Jokowi terkait nama kepala IKN. Nama Ahok jadi usulan”.

Meski begitu, PDIP tetap menyerahkan keputusan kepada Presiden Jokowi. PDIP hanya berpesan bahwa daerah khusus semestinya dipimpin oleh sosok yang paham budaya dan tata kota.

“Kita hargai karena itu hak progratif seorang Presiden, tetapi menjadi calon kepala otorita IKN itu harus orang komprehensif serta memahami kultur kebudayaan dan tata kota yang baik,” pungkas Hasto.

Anies Sebut Pemindahan Ibu Kota Tak Berefek pada Kemacetan Jakarta, PDIP Sindir Begini

Halaman: 
Penulis : Iskandar