logo


Pentingnya Kebutuhan Asuransi Mobil dan Cek Rekomendasinya

Kebutuhan asuransi mobil sangatlah penting untuk diprioritaskan sebagai jaminan finansial

28 Januari 2022 19:02 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kebutuhan asuransi mobil sangatlah penting untuk diprioritaskan sebagai jaminan finansial untuk mendapatkan ganti rugi andai kendaraanmu mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, atau bahkan hilang akibat pencurian/perampasan.

Tidak hanya itu saja, ada juga fitur manfaat tambahan berupa jaminan ganti rugi kerusakan akibat banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam.

Itulah sebabnya, kebutuhan asuransi mobil menjadi hal penting yang harus kamu berikan pada kendaraan kesayanganmu. Nah, ada dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi TLO (Total Loss Only) dan asuransi mobil all risk.


7 Cara Merawat AC Mobil Supaya Awet yang Terbukti Ampuh

Umumnya musibah yang ditanggung oleh asuransi mobil terkait dengan kerusakan pada body mobil akibat benturan, misalnya baret atau penyok karena terserempet kendaraan lain.

Namun lebih luas lagi, asuransi mobil juga mencakup jaminan kerugian akibat kecelakaan lalu lintas, terperosok, korban kejahatan, pencurian, kebakaran, dan lainnya sesuai kesepakatan di dalam polis asuransi.

Nah jenis pertanggungan tersebut akan dikelompokkan berdasarkan produk asuransi mobil yang dipilih. Yuk cari tahu selengkapnya.

Jenis-jenis asuransi mobil

Ada dua jenis produk asuransi mobil untuk menjamin kendaraanmu, yaitu asuransi TLO (Total Loss Only) dan asuransi all risk (comprehensive).

1. Asuransi mobil TLO

Asuransi mobil TLO menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75 persen.

Keunggulan lainnya adalah premi asuransi mobil TLO yang lebih murah. Sebab, risiko yang ditanggung juga lebih sempit ketimbang all risk. Jadi, produk ini adalah pilihan yang tepat jika ingin menghemat budget untuk asuransi kendaraan bermotor.

Perusahaan asuransi pun akan memberikan perlindungan dan membantu melakukan tanggung jawab hukum terhadap kerusakan sebagian dan kerusakan total terhadap kendaraan bermotor ataupun mobil yang diasuransikan sesuai besarnya nilai premi.

Asuransi mobil TLO cocok bagi mobil bekas atau mobil yang berusia lebih tua karena biasanya mobil tersebut berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan mesin. Saat mengajukan kredit mobil bekas, biasanya juga diberikan asuransi TLO mobil bekas. Biasanya usia mobil yang ditanggung oleh produk asuransi ini maksimal 10-15 tahun.

2. Asuransi mobil all risk

Asuransi all risk atau sering juga dikenal dengan sebutan asuransi comprehensive adalah jenis asuransi mobil yang cukup populer.

Asuransi mobil all risk bisa memberikan ganti rugi jika kendaraanmu mengalami kerusakan ringan hingga berat. Selain itu, produk ini juga menanggung risiko kehilangan kendaraan akibat pencurian.

Meski biaya preminya lebih mahal ketimbang TLO, tetapi asuransi mobil all risk memiliki sejumlah keunggulan tersendiri. Di antaranya, kamu tidak perlu lagi cemas akan risiko kerusakan yang bisa menimpa mobilmu karena besar atau kecilnya kerusakan tidak menjadi faktor utama klaim diterima atau tidak.

Selain itu, asuransi mobil all risk memiliki pilihan perluasan manfaat. Dengan perluasan manfaat itu, kamu bisa melindungi mobilmu dari risiko khusus seperti bencana alam, kerusuhan, hingga tanggung jawab pihak ketiga andai musibah yang dialami menyebabkan pengendara lain mengalami kerugian.

Tips memilih asuransi mobil

Sebelum membeli produk asuransi mobil, sebaiknya kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membayar preminya. Pembelian asuransi mobil yang dilakukan secara gegabah, bisa jadi akan membebani pengeluaranmu saat membayar premi rutin.

Nah supaya tidak salah pilih, berikut beberapa tips dalam memilih asuransi mobil yang tepat.

1. Lakukan survei

Biasanya perusahaan asuransi terbaik memiliki jumlah nasabah yang melimpah dan platform online-nya pasti digunakan oleh banyak orang. Selain itu, perusahaan asuransi terbaik pastinya memiliki koleksi produk yang berkualitas.

Maka dari itu, kamu perlu cari tahu dahulu berbagai produk asuransi yang mereka tawarkan. Kalau perlu, bandingkan dengan produk dari perusahaan asuransi lainnya.

2. Pilih produk yang sesuai

Pastikan untuk memilih produk asuransi secara saksama, baik asuransi all risk atau asuransi TLO.

Perusahaan asuransi yang menawarkan produk all risk akan menawarkan ganti rugi kendaraan mobil dengan segala jenis risiko dan kerusakan. Sedangkan asuransi TLO menggunakan sistem penggantian dana pada pemilik kendaraan dengan tingkat kerusakan di atas 75 persen.

Produk manakah yang manfaatnya bisa merepresentasikan kebutuhamu paling tepat?

3. Kontrak kerja sama

Pastikan untuk memperhatikan setiap klausul yang ada di dalam polis asuransi. Pasalnya, sekali menandatangani dokumen tersebut, maka proses pembayaran premi dan klaim asuransi akan berjalan mutlak seperti yang tertera pada kontrak.

4. Jaringan bengkel rekanan yang luas

Pastikan juga bahwa perusahaan asuransi yang akan kamu pilih memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas serta memiliki kualitas dan lisensi resmi. Namun tidak hanya bengkel resmi, perusahaan asuransi mobil terbaik juga telah menjalin hubungan rekanan dengan berbagai asuransi umum yang kualitasnya terjamin.

Intinya dengan memiliki jaringan bengkel yang luas, maka kamu pun memiliki pilihan yang lebih bervariasi, baik dari segi kualitas dan lokasi.

Masing-masing perusahaan asuransi pasti berlomba menawarkan produk mereka dengan berbagai keunggulan dan daya tarik tersendiri. Sebagai pemilik mobil, di sinilah pentingnya bagi kamu untuk memilih dan menentukan produk asuransi mana yang paling cocok.

Jangan ragu untuk mengonsultasikan kebutuhan asuransimu dengan agen atau broker asuransi terpercaya agar kamu bisa mendapatkan jawaban yang tidak hanya lengkap, namun tepat juga.

Jangan Tergiur Harga Murah, Berikut Tips Membeli Mobil Bekas Taksi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata