logo


Tegaskan Baznas Solo Independen, Gibran: Tak Boleh Condong ke Mana-mana, Apalagi Berpolitik

Baznas harus menjadi garda terdepan dalam menyalurkan zakat.

28 Januari 2022 16:32 WIB

Gibran Rakabuming Raka dalam pelantikan pimpinan Baznas Solo
Gibran Rakabuming Raka dalam pelantikan pimpinan Baznas Solo Prokompim Pemkot Solo

SURAKARTA, JITUNEWS.COM – Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menginginkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Surakarta menjadi garda terdepan dalam mengelola zakat dari muzaki, khususnya dari ASN jajaran Pemkot. Dia juga meminta Baznas tidak berpolitik atau condong ke ormas tertentu.

Hal itu disampaikan Gibran saat melantik dan mengukuhkan pimpinan Baznas masa bakti 2022–2027 di Bale Tawangarum, Balai Kota Surakarta, Jumat (28/1/2022).

“Baznas merupakan garda terdepan dalam menyalurkan zakat, organisasi non struktural yang independen. Jadi tidak boleh condong ke manapun, apalagi berpolitik,” kata Gibran dalam sambutannya.


Gibran: Surakarta Relatif Bebas Kawasan Kumuh pada 2022

Melalui Baznas, zakat tidak lagi disalurkan melalui kotak amal, tapi cashless (non tunai) agar cepat, aman dan tepat sasaran.

Gibran berharap kaum muda menjadi sasaran baru muzaki milenial. “Bisa bekerja sama dengan para pilantropis milenial dan anak muda yang sudah bekerja Baznas untuk meningkatkan jumlah zakat yang akan disalurkan,” tandasnya.

Dia juga mengapresiasi peran Baznas dalam melakukan pendampingan kepada penerima zakat, di antaranya memberikan fasilitas produktif pengembangan usaha.

“Pandemi Corona, banyak anak kehilangan orang tua, sehingga Baznas bisa menyalurkan beasiswa produktif untuk 200 yatim baru di Kota Solo,” ujar Gibran.

Soal Proses Pelaporan terhadap Gibran dan Kaesang, Firli: KPK Akan Sampaikan kepada publik

Halaman: 
Penulis : Iskandar