logo


Korut Siap Buka Kembali Jalur Perdagangan dengan China

Pemerintah Korea Utara dikabarkan akan segera kembali membuka jalur perdagangan darat dengan China

28 Januari 2022 15:30 WIB

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un istimewa

SEOUL, JITUNEWS.COM - Korea Utara dikabarkan tengah bersiap untuk membuka kembali wilayah perbatasannya dengan China di tengah memburuknya situasi perekonomian akibat kebijakan lockdown ketat selama dua tahun. Hal itu dilaporkan oleh media Inggris, Sky News pada Kamis (27/1).

Pemerintahan Kim Jon-un telah menunjukkan tanda-tanda untuk mengakhiri dan melonggarkan aturan pembatasan setelah negara tersebut membuka kembali lalu lintas kereta barang ke negara tetangga, China, pada pekan lalu.

Perdagangan antara kedua negara - yang sangat penting bagi Korea Utara - dikatakan telah merosot hingga 80% pada tahun 2020.


Lebih Mematikan daripada Covid-19, Peneliti Temukan Potensi Kemunculan Virus Corona Baru

Sementara itu, Kementerian luar negeri China mengatakan bahwa meski lalu lintas perdagangan dengan Korea Utara akan dilanjutkan, namun pihaknya akan melakukan pengawasan secara ketat dan memberlakukan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, para pejabat Korea Selatan mengatakan bahwa mereka belum bisa memastikan dengan jelas apakah Korea Utara akan sepenuhnya membuka kembali lalu lintas perdagangan darat dengan China.

Merasa Senasib, Presiden Taiwan Sampaikan Empatinya terkait Situasi Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia