logo


Korut Kembali Tembakkan Dua Unit Rudal Balistik Jarak Menengah, AS Meradang

Korea Utara dilaporkan kembali melakukan uji coba peluncuran rudal balistik jarak menengah pada Kamis (27/1)

27 Januari 2022 19:30 WIB

Ilustrasi rudal balistik
Ilustrasi rudal balistik istimewa

SEOUL, JITUNEWS.COM - Korea Utara dikabarkan kembali menembakkan dua unit rudal balistik jarak pendek pada Kamis (27/1), dimana hal tersebut memicu kecaman dari Amerika Serikat. Peluncuran tersebut merupakan uji coba rudal balistik keenam yang dilakukan oleh pemerintahan Kim Jong-un selama bulan Januari 2022 ini.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan telah mendeteksi peluncuran yang diduga sebagai dua rudal balistik sekitar pukul 8 pagi (2300 GMT) dari dekat Hamhung, di pantai timur Korea Utara. Kedua rudal tersebut dilaporkan menempuh jarak 190 km dan terbang di ketinggian 20 km.

"Rezim (Kim Jong Un) sedang mengembangkan keragaman senjata ofensif yang mengesankan meskipun sumber daya terbatas dan tantangan ekonomi yang serius," kata Leif-Eric Easley, seorang profesor hubungan internasional di Universitas Ewha di Seoul.


Olimpiade Beijing Bisa Pengaruhi Rencana Invasi Rusia ke Ukraina

Menurutnya, uji coba tersebut dilakukan untuk mengembangkan kemampuan baru, terutama untuk menghindari pertahanan rudal, sementara peluncuran lainnya dimaksudkan untuk menunjukkan kesiapan dan kecanggihan rudal yang dimiliki oleh Korea Utara.

"Beberapa pengamat telah menyarankan bahwa peluncuran yang sering dilakukan rezim Kim adalah seruan untuk diperhatikan, tetapi Pyongyang berlari keras dalam apa yang dianggapnya sebagai perlombaan senjata dengan Seoul," kata Easley.

Sementara itu, pemerintah AS "mengutuk" peluncuran dua rudal balistik Korea Utara, juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa uji coba tersebut merupakan pelanggaran terhadap beberapa resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Cegah Eksodus Massal, Sekjen PBB Minta Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Afghanistan Ditingkatkan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia