logo


Ingin Kalahkan Tesla, General Motors Bakal Tingkatkan Investasi hingga USD 6,6 Miliar

General Motors berencana meningkatkan kapasitas produksi mobil listrik untuk dapat mengalahkan capaian penjualan wholesale Tesla

27 Januari 2022 14:15 WIB

GMC Hummer EV
GMC Hummer EV Motor Authority

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Raksasa otomotif Amerika Serikat General Motors pada Selasa (25/1) mengatakan bahwa pihaknya berencana menggelontorkan investasi hingga $6,6 miliar untuk meningkatkan produksi truk pikap listriknya dan membangun pabrik sel baterai kendaraan elektronik (EV) baru di negara bagian asalnya, Michigan, dengan tujuan menyalip Tesla sebagai produsen kendaraan listrik terbesar di dunia.

“Kami akan memiliki produk, kapasitas sel baterai, dan kapasitas perakitan kendaraan untuk menjadi pemimpin EV pada pertengahan dekade,” kata CEO GM Mary Barra dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip oleh CNBC.

Investasi tersebut akan mencakup $2,6 miliar untuk pembangunan pabrik baterai baru dalam kemitraan dengan LG Energy Solution dan $4 miliar untuk mengubah pabrik Orion Assembly GM yang ada di Detroit untuk memproduksi truk listrik, seperti Chevrolet Silverado dan GMC Sierra yang baru-baru ini diumumkan dan dijadwalkan segera diluncurkan pada tahun 2024 mendatang.


Hadapi Tekanan AS, Rusia Tingkatkan Kerja Sama Militer dengan Beberapa Negara Amerika Latin

Dana yang diumumkan juga merupakan bagian dari agenda GM senilai $35 miliar untuk meningkatkan kapasitas produksinya di Amerika Utara menjadi 1 juta kendaraan listrik pada tahun 2025. Produsen mobil memperkirakan akan mengalahkan produsen EV saingannya Tesla sebagai penjual kendaraan listrik teratas yang berbasis di AS pada saat itu.

Perusahaan juga berjanji menginvestasikan $510 juta dana tambahan untuk meng-upgrade dua pabrik perakitan kendaraan non-listrik di Michigan.

Tingkat penjualan wholesale mobil listrik Tesla di pasar global pada tahun 2021 mencapai 936.172 unit, dan membuatnya sebagai produsen mobil listrik terbesar. Peringkat kedua diisi oleh Ford yang berhasil menjual 27.140 unit Mustang Mach-E dan diikuti oleh GM yang tingkat penjualan wholesale-nya kurang dari 25.000 unit.

Rusia Sudah Terima Tanggapan Tertulis dari AS soal Jaminan Keamanan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia