logo


Rusia Sudah Terima Tanggapan Tertulis dari AS soal Jaminan Keamanan

AS dikabarkan sudah mengirimkan tanggapan tertulisnya kepada Rusia terkait jaminan keamanan yang diminta oleh Moskow

27 Januari 2022 13:45 WIB

Sergey Lavrov
Sergey Lavrov Tass

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Rusia pada Rabu (26/1) mengkonfirmasi bahwa pihaknya sudah menerima tanggapan tertulis atas proposal yang dikirim oleh Moskow soal keamanan kolektif Eropa.

Menurut laporan Russia Today, Duta Besar AS John Sullivan menyampaikan tanggapan dari Washington dan NATO tentang rancangan perjanjian bilateral Rusia yang diumumkan pada pertengahan Desember 2021 kemarin. Moskow mengusulkan delapan poin dalam draft proposalnya, dan mengharapkan jawaban rinci untuk masing-masing poin.

Dalam proposal yang dihimpun oleh Rusia tersebut, AS diminta untuk menghentikan ekspansi NATO lebih lanjut ke timur, menghentikan program militer di negara-negara non-anggota NATO yang sebelumnya merupakan bagian dari Uni Soviet – dan menjamin Ukraina dan Georgia “tidak akan pernah” bergabung dengan blok tersebut, menghapus senjata nuklirnya dari Eropa, dan tidak menggunakan senjata ofensif apa pun yang mampu menargetkan Rusia di sepanjang perbatasannya. Moskow menuntut jaminan yang mengikat secara hukum atas semua hal itu.


Kanada Segera Kirim Tambahan Personil Militer untuk Latih Tentara Ukraina

Berbicara di parlemen Rusia sebelumnya pada hari Rabu, Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov mengatakan bahwa kementerian akan mengomunikasikan "inti dari reaksi" AS kepada publik Rusia.

Lavrov menjelaskan bahwa begitu tanggapan Amerika diterima, Kementerian Luar Negeri akan bekerja dengan departemen lain untuk memberi Presiden Vladimir Putin proposal langkah lebih lanjut mengenai keamanan Rusia.

Hadapi Tekanan AS, Rusia Tingkatkan Kerja Sama Militer dengan Beberapa Negara Amerika Latin

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia