logo


Bantah IKN Dibangun Pengembang China, Suharso: Amerika-Eropa Juga Mau Masuk

Suharso menegaskan bahwa IKN Nusantara terbuka untuk siapa saja yang berminat.

27 Januari 2022 05:30 WIB

Suharso Monoarfa
Suharso Monoarfa Lampung Post

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Bappenas Suharso Monoarfa membantah tudingan sejumlah pihak yang menyebut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dibangun oleh pengembang China.  Ia menegaskan bahwa IKN Nusantara terbuka untuk siapa saja yang berminat.

"Saya kira tidak. (Pembangunan IKN) ini terbuka untuk siapa saja," kata Suharso dalam acara 'Adu Perspektif: Ibu Kota Nusantara, Antara Realita dan Utopia' yang disiarkan di detikcom, Rabu (26/1/2022).

Ia mengatakan bahwa sampai saat ini sudah banyak investor yang tertarik dengan pembangunan IKN Nusantara yang terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.


Masuk Bursa Calon Kepala Otorita IKN, Ridwan Kamil: Cocok dengan Background Saya

Investor tersebut, kata dia, berasal dari beberapa kawasan mulai dari Asia, Eropa, hinga Amerika.

"Jadi begini, investasi, saya kira, untuk yang mau masuk, banyak yang berminat," ujarnya.

"Dari Timur Tengah mau masuk, dari Jepang mau masuk, dari Amerika mau masuk, dari Eropa mau masuk, dari Singapura mau masuk, China juga mau masuk," sambungnya.

Ketum PPP itu mengatakan bahwa proyek IKN menjanjikan secara ekonomi. Pasalnya, kata dia, IKN memiliki pasar yang jelas dan menawarkan produktivitas tinggi sebagai pelecut ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

"Jangan-jangan ibu kota negara bisa begitu. Kenapa? Karena market-nya captive. Siapa? Pemerintah Indonesia. Jadi orang semua berlomba untuk mendapatkan kesempatan ini," pungkasnya.

Teddy eks PKPI Nilai Ridwan Kamil Belum Layak Jadi Kepala Otorita IKN, Ini Sebabnya

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati