logo


Sanksi Pribadi AS Tak Akan Ada Dampaknya terhadap Vladimir Putin

Juru bicara pemerintah Rusia menegaskan bahwa Presiden Vladimir Putin tidak akan merasa rugi atau tersakiti jika AS jatuhkan sanksi peribadi terhadap dirinya

26 Januari 2022 22:30 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Rusia pada Rabu (26/1) memperingatkan bahwa menjatuhkan sanksi pada Presiden Vladimir Putin secara pribadi tidak akan menyakitinya tetapi akan merusak situasi politik internasional antara Rusia dengan negara barat. Ancaman tersebut terlontar setelah Presiden AS Joe Biden mengatakan dia akan mempertimbangkan langkah seperti itu jika Rusia menginvasi Ukraina.

Biden mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya mempertimbangkan adanya sanksi pribadi terhadap Putin, jika Moskow melancarkan agresi baru terhadap Ukraina. Joe Biden menambahkan bahwa invasi tersebut akan menimbulkan kerugian besar dan cepat.

Dikutip Reuters, Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan anggota kongres dan senator AS yang membahas sanksi pribadi terhadap para pejabat tinggi Rusia tidak mengetahui fakta bahwa mereka secara hukum dilarang memegang aset, properti, dan rekening bank di luar negeri.


Austria Minta Uni Eropa Tak Jatuhkan Sanksi terhadap Jalur Pipa Gas Rusia

"Sanksi individu terhadap Putin akan tidak menyakitkan (tetapi) destruktif secara politik", kata Peskov, yang sebelumnya mengatakan bahwa kebijakan itu akan berarti pemutusan hubungan diplomatik antara Rusia dengan negara pemberi sanksi.

Beberapa waktu terakhir, Ukraina mengatakan bahwa Rusia telah mengumpulkan puluhan ribu tentara di dekat perbatasannya yang kemungkinan dilakukan sebagai persiapan invasi militer. Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba mengatakan bahwa Moskow saat ini belum mengumpulkan pasukan yang cukup untuk serangan skala besar, tetapi itu tidak berarti mereka tidak dapat melakukannya saat ini.

PM Spanyol Bilang Rusia Akan Hadapi Konsekuensi Besar-Besaran jika Lakukan Invasi ke Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia