logo


PM Spanyol Bilang Rusia Akan Hadapi Konsekuensi Besar-Besaran jika Lakukan Invasi ke Ukraina

Rusia berpotensi dijatuhi sanksi dari negara-negara barat jika benar-benar melancarkan invasi militer ke Ukraina

26 Januari 2022 22:15 WIB

Tentara Rusia
Tentara Rusia sputniknews

MADRID, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada Rabu (26/1) mengatakan bahwa Rusia akan menghadapi konsekuensi ekonomi besar-besaran jika meluncurkan intervensi militer terhadap Ukraina.

Meski telah mengumpulkan puluhan ribu tentara di dekat perbatasan Ukraina, tetapi Rusia membantah hal itu dilakukan untuk menyerang negara tetangganya.

Sebelumnya, Uni Eropa dan Amerika Serikat juga telah mengancam sanksi ekonomi lebih lanjut terhadap Rusia jika menyerang Ukraina.


AS Ancam Lakukan Pembalasan jika Belarusia Bantu Rusia Serang Ukraina

"Penting untuk menyampaikan pesan ke Rusia bahwa setiap kasus intervensi militer akan memiliki konsekuensi besar dan serius bagi ekonominya akibat sanksi Uni Eropa," kata Sanchez pada konferensi pers bersama dengan PM Finlandia Sanna Marin.

Sementara itu, Sanna Marin menegaskan kembali bahwa negaranya tidak memiliki rencana untuk segera bergabung dengan NATO. Akan tetapi, ia mengatakan bahwa Rusia tidak memiliki hak veto atas keputusan tersebut.

"Kami memiliki kemungkinan untuk melamar (untuk bergabung dengan NATO) di masa depan dan sangat penting bagi kami untuk menjaga kemungkinan ini tetap terbuka untuk diri kami sendiri. Tidak ada yang bisa mengatakan kepada kami apa yang harus dilakukan. Ini keputusan kami sendiri," katanya.

Austria Minta Uni Eropa Tak Jatuhkan Sanksi terhadap Jalur Pipa Gas Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia