logo


Ini Lho Cara Jitu Menanam dan Merawat Bunga Mawar Hitam

Letakan mawar hitam di tempat yang memiliki sedikit cahaya matahari, seperti pada habitatnya di hutan

22 Mei 2015 14:39 WIB

Bunga Mawar Hitam
Bunga Mawar Hitam

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Mawar. Sipa yang tidak kenal tanaman hias yang satu ini? Ya, bunga popular yang termasuk dalam jenis tanaman semak dari genus Rosa ini terkenal karena memiliki lebih dari 100 spesies dan warna. Misalnya saja bunga mawar hitam. Tanaman hias yang satu ini memang memiliki banyak sekali penggemar Keunikan dari warna mawar inilah yang menjadi daya tariknya.

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang tertarik untuk menanam tanaman mawar hitam ini,? Jika iya, hal yang pertama yang dapat Anda lakukan adalah membeli bibitnya di toko bunga dan langsung mempersiapkan beberapa bahan yang diperlukan untuk menanamnya.  Eits, jangan khawatir, sebab caranya cukup mudah kok.  

Anda hanya perlu memperhatikan pengairannya, agar tanaman mawar ini bisa tumbuh dengan baik dan subur. Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan menaruh bibit bunga mawar di tanam di tanah yang berpasir dan terlalu gembur karena dapat mengakibatkan tanaman tidak dapat tumbuh secara maksimal.


Tips Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Kaktus Agar Tidak Mudah Busuk

Dikarenakan tanaman ini banyak ditemukan di pedalaman hutan yang minim sinar matahari, maka untuk menanamnya, Anda bisa meletakkannya di tempat yang memiliki sedikit intensitas cahaya matahari yang menyinari, karena hal ini bisa berpengaruh ke kadar antosianin yang banyak sehingga tidak teroksidasi dan begitu pula dengan pengaruh cuaca. Tanaman mawar hitam menyukai udara dingin yang bisa membuat reaksi metabolime untuk melakukan penguraian oleh enzim tanaman sehingga menjadi lambat dan hal ini berpengaruh ke warna tanaman agar tidak cepat rusak.

Jangan lupa untuk memberikan nutrisi dengan cara memberikan pupuk yang bertujuan agar tanaman bisa cepat berbunga. Selain itu, rajin-rajinlah untuk memangkas tanaman, selain untuk memberikan kesan rapih dan tidak terkesan liar, ada tujuan lainnya yakni merangsang tanaman agar rajin berbunga.

Demikianlah cara jitu merawat bunga mawar hitam. Dengan melakukan perawatan bunga yang sangat mudah untuk diterapkan, bunga mawar hitam tidak akan menguras kantong Anda untuk merawatnya. Selain membeli bibit, untuk memperbanyak anakan Anda bisa juga melakukan dengan cara menyetek atau mencangkoknya. Jadi Anda pun tak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk membeli bibit mawar hitam di toko bunga.

Cara Jitu Merawat Tanaman Geranium, Si Pengusir Nyamuk yang Ampuh

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah