logo


Ketegangan dengan Rusia Belum Reda, NATO Tak Akan Terjunkan Pasukan Tempur ke Ukraina

Sekjen NATO berjanji tidak akan menerjunkan pasukan tempur ke Ukraina. Sebaliknya, NATO siap menggelar negosiasi untuk membahas isu keamanan Eropa dengan Rusia

26 Januari 2022 13:00 WIB

Ilustrasi pasukan NATO
Ilustrasi pasukan NATO www.nato.int

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Sekertaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mengatakan bahwa aliansi pertahanan trans-Atlantik tersebut tidak akan mengirimkan pasukan tempur ke Ukraina. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah sesi wawancara dengan media Amerika Serikat, CNN.

"NATO tidak akan menerjunkan pasukan kombat ke Ukraina," ujar Stoltenberg.

Ia juga mengatakan bahwa NATO, bersama dengan Amerika Serikat, akan melayangkan pernyataan tertulis pada pekan ini untuk menanggapi proposal keamanan yang diajukan oleh Rusia.


Kroasia Akan Tarik Pasukan dari NATO jika Konflik Militer Ukraina-Rusia Benar-benar Terjadi

"Kami sedang menyelesaikan proposal di NATO, dokumen tertulis yang akan kami kirimkan kepada mereka akhir pekan ini. Kami akan melakukannya secara paralel dengan Amerika Serikat," kata Stoltenberg dalam wawancara tersebut.

Ia menambahkan bahwa NATO siap untuk "duduk dan membahas kontrol senjata, pelucutan senjata, transparansi kegiatan militer, mekanisme pengurangan risiko dan masalah lain yang relevan untuk keamanan Eropa".

"Tapi kami tidak siap untuk berkompromi pada prinsip-prinsip inti," kata Stoltenberg, merujuk pada kemungkinan penambahan negara anggota NATO.

PM Polandia Kecewa Jerman Tolak Kirim Senjata ke Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia