logo


Dorong Mahasiswa Jadi Pengusaha, Bahlil: Jadi Karyawan Nggak Mungkin Kaya

Bahlil menegaskan bahwa pemerintah memberi dukungan penuh kepada mahasiswa yang ingin menjadi pengusaha.

25 Januari 2022 21:47 WIB

Bahlil Lahadalia
Bahlil Lahadalia JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mendorong lulusan perguruan tinggi menjadi seorang pengusaha. Pasalnya, kata dia, menjadi karyawan tidak mungkin menjadi kaya.

"Saya tidak mengerti rumusan ekonomi apa yang menyebut menjadi ASN (aparatur sipil negara) membuat orang jadi kaya, yang namanya karyawan enggak mungkin kaya, terkecuali Allah berkehendak lain," kata Bahlil dalam Indonesia Economy Outlook 2022, Selasa (25/1/2022).

Bahlil lantas membongkar gajinya sebagai menteri yang tidak lebih dari Rp 20 juta per bulan. Angka tersebut, kata dia, sangat kecil dibanding gajinya saat menjabat sebagai komisaris sebuah perusahaan.


Jokowi Tanggapi Menteri Bahlil soal Pengusaha Ingin Pilpres Diundur

"Jadi jangan berpikir jadi pejabat itu duitnya banyak, enggak ada, kewenangannya iya tapi untuk kesejahteraan rakyat. Deputi-deputi saya ini, gaji mereka enggak lebih dari Rp100 juta, dulu saya kerja di perusahaan jadi komisaris minimal gaji kita Rp200 juta. Jadi enggak bisa ke mal lagi sekarang," canda Bahlil.

Oleh karena itu, ia meminta agar lulusan perguruan tinggi merubah pola pikirnya agar bisa menjadi pengusaha. Ia menegaskan bahwa pemerintah memberi dukungan penuh kepada mahasiswa yang ingin menjadi pengusaha.

"Dalam rangka pemulihan ekonomi, pemerintah harus menata regulasi sebagai instrumen dengan cara mahasiswa yang baru selesai kuliah atau siswa SMK bisa kita ubah untuk menjadi pengusaha. Tapi pemerintah harus hadir dengan izinnya harus gampang, modalnya harus diberikan," pungkasnya.

HIPMI Solo Kukuhkan Anggota Baru, Ketum Guruh Ajak Pengusaha Muda Kolaborasi dan Sinergi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati