logo


Gerindra: Partai Tidak Bisa Hanya Bergantung atau Mengharapkan Dapat Efek Ekor Jas

Riza menyebut figur yang diusung bisa mempengaruhi masyarakat saat memilih partai politik dalam pemilu

25 Januari 2022 21:30 WIB

Ahmad Riza Patria
Ahmad Riza Patria Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria, berharap Partai Gerindra mengusung calon kepala daerah yang mampu mendongkrak partai.

“Calon kepala daerah yang dicalonkan Partai Gerindra diharapkan mampu memberikan hubungan positif dengan perolehan suara partai,” kata Riza dalam Focus Group Discussion Pengaruh Efek Ekor Jas Dalam Meningkatkan Elektabilitas Partai Politik secara daring, Selasa (25/1).

Riza menyebut figur yang diusung bisa mempengaruhi masyarakat saat memilih partai politik dalam pemilu. Ia lalu menyinggung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mempengaruhi perolehan suara Demokrat. Namun, menurutnya hal itu tidak sepenuhnya efektif.


Jadwal Pemilu 2024 Sudah Ditetapkan, Fahri: Nggak Usah Bahas-bahas Lagi Skenario Lain

“Ketokohan Pak SBY diakui mempengaruhi perolehan Demokrat di dua Pemilu. Publik memilih Demokrat lantaran partai tersebut identik dengan figur Pak SBY yang saat itu merupakan Presiden dengan tingkat elektabilitas dan kepuasan publik yang tinggi,” jelasnya.

“Seperti contoh koalisi Prabowo-Sandi, Gerindra padahal ketua umumnya adalah capres, namun nyatanya perolehan suara Gerindra tidak begitu banyak terdongkrak,” lanjutnya.

Politikus Gerindra ini menyebut bahwa partai tidak bisa hanya bergantung dengan efek ekor jas.

“Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kerja keras partai, partai tidak bisa hanya bergabung atau bergantung atau mengharapkan dapat efek ekor jas saja,” pungkasnya.

Fahri Sebut Pihak yang Ingin Presiden 3 Periode Tak Punya Momentum Lagi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata