logo


5 Fitur yang Wajib ada Sebelum Anda Menggunakan Aplikasi HR

Dengan absen online ini, karyawan dapat melakukan absensi di mana saja tanpa perlu mengandalkan mesin sidik jari

25 Januari 2022 10:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Namun tugas ini bukanlah hal yang mudah karena departemen HR memiliki banyak sekali tanggung jawab yang harus dijalankan setiap harinya. Itulah sebabnya departemen ini butuh bantuan dari aplikasi HR yang memudahkannya mengelola karyawan perusahaan.

Untuk membantu departemen HR Anda dalam mengerjakan tugasnya, aplikasi HR yang dipilih haruslah memiliki fitur yang lengkap. Salah satu aplikasi HR dengan fitur lengkap adalah Talenta. Anda bisa cek fitur-fiturnya di tautan ini: https://www.talenta.co/

Akan tetapi, dari sekian banyak HRIS software yang beredar di Indonesia, belum tentu semuanya memiliki fitur yang Anda butuhkan. Bisa jadi harganya murah namun punya keterbatasan fitur, atau fiturnya lengkap namun harganya selangit.


Bertemu Calon Investor di BINUS Virtual PitchUP

Maka dari itu, Anda harus memilih software HRM terbaik yang memang cocok untuk perusahaan Anda. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai fitur-fitur apa saja yang harus ada di aplikasi HR pilihan Anda nantinya.

Berikut ini lima fitur pilihan dari kami:

  1. Manajemen waktu dan kehadiran

Bukan jamannya lagi di mana Anda mencatat kehadiran karyawan Anda dengan kertas atau spreadsheet. Selain menyulitkan staf HR Anda saat melakukan pendataan, cara ini juga rentan dengan kecurangan. Bisa jadi karyawan yang tidak masuk menitipkan absen kepada rekannya dengan cara meniru tanda tangannya.

Untuk mengatasinya, gunakan aplikasi HR yang memiliki kemampuan untuk mencatat kehadiran menggunakan sistem kehadiran biometrik atau scan sidik jari. Bukan hanya mampu meminimalisir kecurangan, namun fitur ini akan memudahkan staf HR dalam mendata kehadiran karyawan. Dengan cara ini, perhitungan gaji dan cuti juga akan menjadi lebih mudah.

  1. Manajemen penggajian

Adalah fitur yang paling dicari saat sebuah perusahaan ingin menggunakan aplikasi HR. Buat perusahaan dengan ribuan karyawan seperti manufaktur, retail atau grosir, kehadiran aplikasi HR adalah hal yang krusial. Software HRM ini akan memudahkan staf HR untuk mengelola upah, tunjangan, sampai pembayaran pajak yang unik di masing-masing perusahaan.

Dengan bantuan HRIS software, kesalahan penghitungan gaji bisa ditekan seminimal mungkin. Dengan demikian, tingkat kepuasan karyawan pun akan meningkat dan loyalitas kepada perusahaan pun akan bertambah. Selain itu, aplikasi HR akan memudahkan Anda menyimpan data-data penting seperti slip gaji karena semua datanya tersimpan secara online.

  1. Manajemen pajak dan asuransi

Sebagai perusahaan yang terdaftar secara sah di Departemen Tenaga Kerja, maka sudah semestinyalah perusahaan Anda memenuhi kewajibannya, khususnya membayar pajak penghasilan dan asuransi karyawan atau BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Bayangkan seperti apa repotnya jika setiap bulannya Anda harus menghitung ratusan pembayaran pajak penghasilan dan BPJS secara manual.

Aplikasi HR akan menghindari Anda dari kerepotan seperti ini. Semua perhitungan pajak dan asuransi akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Sistem akan secara otomatis memotong gaji karyawan sesuai dengan ketentuan pemerintah untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

  1. Pengelolaan klaim dan reimbursement

Dari waktu ke waktu, perusahaan harus mengeluarkan biaya klaim dan reimbursement yang diajukan oleh karyawan. Biaya ini bisa datang dari ongkos perjalanan dinas yang dilakukan karyawan, hingga pembelian barang yang diperlukan untuk mendukung pekerjaan karyawan tersebut.

Aplikasi HR yang baik haruslah memberikan kemudahan bagi karyawan untuk mengajukan klaim, bukan yang justru menyulitkan mereka. Dari sisi manajemen atau departemen HR, software HRM haruslah memudahkan dalam hal persetujuan atau approval. Gunakan sistem yang hanya memerlukan beberapa klik saja untuk memberikan persetujuan pada klaim dan reimbursement dari karyawan.

  1. Laporan yang komprehensif

Seperti yang sudah disinggung di awal, tugas departemen HR adalah meningkatkan kinerja karyawan. Lalu, bagaimana caranya staf Anda mengetahui seberapa jauh peningkatan yang sudah dialami karyawan tanpa laporan yang lengkap mengenainya?

Maka dari itu, fitur laporan dari aplikasi HR tak boleh ketinggalan untuk hadir di software pilihan Anda. Pastikan aplikasi pilihan Anda memiliki fitur pelaporan yang lengkap sehingga memudahkan Anda untuk memantau perkembangan dari masing-masing karyawan setiap bulannya.

Memilih aplikasi HR yang tepat bisa dibilang susah-susah gampang. Gampang karena ada banyak sekali pilihan HRIS software yang tersedia di Indonesia. Namun, tak mesti semua software ini sudah pasti cocok untuk perusahaan Anda.

Fitur apa saja yang bisa didapatkan dari sistem aplikasi HR?

  1. Executive dashboard

Tersedia laporan kehadiran karyawan secara komprehensif yang bisa menjadi bahan keputusan dalam proses penggajian dan penilaian performa karyawan.

  1. Penggajian

Fitur penggajian akan menampilkan besaran gaji, bonus, tunjangan untuk karyawan. Dalam mengkalkulasi seluruh gajinya juga dilakukan secara otomatis karena sistem absensi sudah terintegrasi juga dengan sistem payroll.

  1. Data karyawan

Data karyawan akan otomatis tersedia di executive dashboard sistem absensi kehadiran karyawan online. Contohnya seperti nama, foto, nomor pribadi, tanggal lahir, dan nomor induk karyawan lainnya.

  1. Pantauan lokasi GPS

Yang membuat aplikasi absensi ini sangat memukau adalah tersedia pantauan lokasi melalui GPS, fitur ini memudahkan HR dalam memantau keberadaan karyawannya saat bekerja. Dan fitur dalam memantau GPS ini juga berlaku bagi perusahaan yang khususnya menerapkan kebijakan WFH (Work From Home) untuk memantau keberadaan karyawannya.

  1. Kehadiran

Fitur dalam aplikasi absensi online yang memudahkan karyawan ketika absen adalah, karyawan hanya tinggal login menggunakan username dan kata sandi mereka. untuk kemudian melakukan deteksi wajah untuk memverifikasi keaslian identitas karyawan dan menghindari kecurangan.

  1. Jatah cuti

Pegawai bisa memeriksa jatah cuti mereka dan bisa melakukan pengajuan cuti lewat aplikasi tanpa harus ribet membuat surat pengajuan cuti.

Talenta by Mekari, HRIS Software Terbaik Saat Ini

Software HRIS Talenta by Mekari memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu HR dalam mengelola administrasi karyawan yang lebih efisien. Salah satu fitur unggulannya adalah manajemen absensi menggunakan Live Attendance.

Dengan absen online ini, karyawan dapat melakukan absensi di mana saja tanpa perlu mengandalkan mesin sidik jari hingga sistem dapat mencatat data kehadiran secara otomatis.

Lewat aplikasi mobile, karyawan hanya perlu melakukan selfie dan data absensi karyawan secara otomatis dapat disimpan di dalam sistem.

Selain itu, terdapat juga fitur menghitung serta pembayaran payroll secara otomatis yang dapat diintegrasikan dengan fungsi absen online yang mencatat kehadiran secara otomatis. Jadi ketika memasuki periode payroll, HR tidak perlu lagi menghitung gaji karyawan secara manual karena gaji karyawan dapat dihitung secara otomatis melalui sistem.

Tertarik menggunakan Talenta by Mekari dan mempelajari fitur-fitur lainnya? Anda bisa mencoba fitur-fiturnya secara gratis dengan mendaftarkan demo produknya di website-nya. Yuk, coba sekarang!

Foodpreneur Di Tengah Pandemi

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan