logo


Mayjen Maruli Jadi Pangkostrad, Pakar: Kesan Dekat Jokowi Tak Bisa Dihindari

Anton mengatakan bahwa fenomena president's men atau orang presiden bukanlah kali ini saja terjadi

24 Januari 2022 10:44 WIB

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak ditunjuk jadi Pangkostrad
Mayjen TNI Maruli Simanjuntak ditunjuk jadi Pangkostrad editor.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat militer Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE), Anton Aliabbas menilai pengangkatan Mayjen Maruli Simanjutak sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tidak bisa diindarkan dari kesan dekat dengan Presiden Jokowi.

Hal tersebut mengingat Mayjen Maruli pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Adanya kesan bahwa Presiden Joko Widodo menyetujui usul penempatan perwira tinggi yang pernah bekerja dekat dengannya pun tidak bisa dihindari," kata Anton dalam keterangan tertulis, Minggu (23/1/2022).


Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Ditunjuk Jadi Pangkostrad, Ini Rekam Jejaknya di Militer

Anton mengatakan bahwa fenomena president's men atau orang presiden bukanlah kali ini saja terjadi. Ia lantas mencontohkan pengangkatan orang presiden di posisi strategis.

Presiden Soeharto, kata dia, pernah mengangkat mantan ajudannya sebagai Panglima ABRI, yakni Wiranto. Kemudian Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah mengangkat dua saudara iparnya yakni Erwin Sudjono sebagai Pangkostrad dan Pramono Edhi Wibowo sebagai Komandan Jenderal Kopassus.

"Memang riwayat penugasan pada pos yang bersinggungan langsung dengan presiden memang sudah sejak lama menjadi salah satu 'jalur' promosi di tubuh militer," ujar Anton.

Meski demikian, ia mengatakan bahwa kedekatan dengan presiden bukan jaminan untuk mendapatkan posisi strategis.

"Walaupun demikian, tentu saja riwayat kedekatan dengan presiden tidak dapat memberikan garansi penuh bahwa sosok tersebut dapat menduduki jabatan bintang empat," pungkasnya.

Pastikan Poster di Yonif Rider Hoaks, TNI AD Minta Haikal Hassan Gelar Konferensi Pers

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati