logo


Perwira Tinggi Ukraina Mengaku Tahu Kapan Rusia Akan Menginvasi Negaranya

Seorang petinggi militer Ukraina mengkalim bahaw Rusia akan melancarkan invasi besar-besaran terhadap Ukraina pada 20 Februari mendatang

23 Januari 2022 09:00 WIB

Tentara Rusia
Tentara Rusia sputniknews

KIEV, JITUNEWS.COM - Seorang perwira tinggi Ukraina, Letnan Jenderal Alexander Pavlyuk mengklaim Rusia kemungkinan besar akan melakukan serangan militer terhadap Ukraina pada 20 Februari 2022 mendatang, atau hari terakhir Olimpiade Musim Dingin Beijing. Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar The Times, Pavlyuk menyebut tanggal tersebut sebagai "tanggal yang menjadi kekhawatiran kami".

Ia menduga jika tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari penyerangan karena Presiden Rusia Vladimir Putin tidak ingin merusak acara olahraga skala internasional yang digelar oleh pemerintah CHina.

Komandan Ukraina kemudian mengeluarkan peringatan kepada Moskow, bahwa Ukraina “siap untuk mencabik-cabik Rusia dengan tangan kosong.”


Militer AS Konfirmasi Ada Tentara Bayaran Rusia yang Beroperasi di Mali

Komentar itu dibuat setelah Kiev secara terbuka mengeluh bahwa mereka tidak mendapatkan bantuan militer dan sanksi pencegahan terhadap Rusia, seperti yang mereka inginkan.

Pavlyuk diketahui bukanlah orang pertama yang mengkaitkan potensi konflik dengan ajang Olimpiade Musim Dingin. Sebelumnya, seorang narasumber anonim mengatakan kepada Bloomberg bahwa Presiden China Xi Jinping mungkin secara pribadi telah meminta Putin untuk menunda serangan Rusia terhadap Ukraina, ditengah momen Olimpiade.

Mendengar laporan tersebut, Kantor Kedutaan Besar China di Rusia langsung mengeluarkan pernyataan yang membantah laporan Bloomberg tersebut dan menyebutnya sebagai laporan "palsu" dan "provokasi."

Petinggi Militer Jerman Resign Usai Bikin Komentar Kontroversial soal Putin dan Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia