logo


Partai Oposisi Ukraina Tak Terima Anggotanya Diberi Sanksi oleh AS

AS menjatuhkan sanksi terhadap sejumlah anggota partai oposisi Ukraina karena diduga berniat untuk melancarkan aksi kudeta pemerintahan

23 Januari 2022 06:30 WIB

Gedung Putih AS
Gedung Putih AS istimewa

KIEV, JITUNEWS.COM - Partai politik terbesar kedua di Ukraina, For Life, yang merupakan partai oposisi, menentang keputusan pejabat di Washington untuk memberikan sanksi kepada dua anggotanya karena diduga berusaha mengambil alih pemerintah.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs web partai pada hari Kamis, mereka mengecam langkah-langkah ekonomi yang telah diberlakukan AS sebelumnya pada hari itu kepada anggota parlemen Taras Kozak dan Oleg Voloshyn. Menurut pihak Amerika, kedua politisi tersebut telah “memainkan berbagai peran dalam kampanye pengaruh global Rusia untuk mengacaukan negara-negara berdaulat dalam mendukung tujuan politik Kremlin”, bersama dengan Vladimir Oliynyk, mantan pejabat, dan Vladimir Sivkovich, mantan wakil sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional.

Langkah-langkah baru ini berarti bahwa semua properti dan kepentingan yang berbasis di AS yang dimiliki oleh keempatnya harus diblokir.


PBB Gelar Investigasi di Republik Afrika Tengah soal Operasi Militer terhadap Warga Sipil

Platform Oposisi – For Life mengecam sanksi tersebut sebagai “bertujuan untuk menghalangi aktivitas parlemen” dan “tindakan teror politik internasional yang dilakukan atas perintah otoritas kriminal Ukraina.” Kiev sebelumnya telah membatasi Kozak dan tiga saluran TV yang dimilikinya: NewsOne, ZiK, dan 112 Ukraina.

“Tidak ada keraguan bahwa pengenaan sanksi ini adalah hasil dari komunikasi yang erat dan kesepakatan pribadi antara Volodymyr Zelensky dan perwakilan Amerika Serikat,” bunyi pernyataan itu, menuduh pihak berwenang di Kiev mencoba mengecam oposisi politik.

Ia juga menuduh Zelensky pengecut, menuduh dia beralih ke AS untuk mendapatkan dukungan, sehingga menempatkan Ukraina di bawah kendali asing.

Viktor Medvedchuk, ketua dewan politik partai, telah dijatuhi sanksi, dan berada di bawah tahanan rumah karena dituduh makar. Platform Oposisi – For Life saat ini adalah partai terbesar kedua di parlemen Ukraina, Verkhovna Rada.

The Fed Perketat Kebijakan Moneter, Nilai Tukar Bitcoin Kembali Anjlok

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia