logo


Golkar dan Anies Makin Mesra, Ray Rangkuti: Sinyalemen Diusung Jadi Capres 2024

diundangnya Anies Baswedan oleh Nurdin Halid ini adalah sinyalemen bahwa Golkar telah melihat sosok potensial Anies Baswedan untuk diusung menjadi capres.

22 Januari 2022 17:47 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Suratkabar.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Mappacci putra politisi Partai Golkar, Nurdin Halid, Andi Muhammad Nur Al Bisry Nurdin Halid.

Selain Anies, sejumlah tokoh lainnya yakni, mantan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman juga hadir dalam acara tersebut. Dengan diundangnya Anies Baswedan tersebut memunculkan spekulasi, apakah Partai Golkar punya akan mengusung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut di Pilpres 2024.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Indonesia, Ray Rangkuti mengatakan sudah adanya kelompok-kelompok di Golkar yang realistis terhadap Airlangga Hartarto. Sebab dengan elektabilitas Airlangga yang masih sangat rendah ini sangat kecil bisa bersaing dengan tokoh-tokoh lainnya di Pilpres 2024.


Bentuk Poros Nasionalis-Religius untuk Pilpres 2024, PKS: Segregasi RI Sangat Luar Biasa

"Saya kira ada targetnya adalah ini masih bagian dari beberapa kelompok di internal Golkar yang melihat secara realistis bahwa mendorong Airlangga sebagai capres itu enggak realistis," ujar Ray saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Ray mengatakan, walaupun masih adanya kelompok-kelompok yang menginginkan Airlangga Hartarto sebagai capres dari Golkar. Namun jika melihat realita yang ada merujuk hasil survei Airlangga mesti legawa.

"Tapi selama ini gerakannya masih menginginkan Airlangga sebagai capres. Tapi gerakan ini tidak terlalu efektif terhadap Airlangga menerima kenyataan itu," katanya.

Karena itu Ray menuturkan, diundangnya Anies Baswedan oleh Nurdin Halid ini adalah sinyalemen bahwa Golkar telah melihat sosok potensial Anies Baswedan untuk diusung menjadi capres.

"Karena itu sekarang misalnya diundang saingan Airlangga dan dalam hal ini Anies Baswedan. Maka Anies sekarang mulai dipetakan di Golkar oleh kelompok yang menginginkan Airlangga lebih realistis," ungkapnya.

"Jadi Anies bagian dari meraih simpati di internal Partai Golkar, dalam rangka mendorong gerakan Airlangga lebih realistis," tukasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam akad nikah putra Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid di Makassar, Sabtu (22/1).

Petinggi Partai Golkar ini menunjukkan keakrabannya dengan Nurdin Halid. Bahkan eks Ketua Umum PSSI juga menjemput Anies Baswedan di Bandara Sultan Hasanuddin Maros, pada Jumat (21/1).

Golkar: Persiapan Pilpres Akan Dimulai

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar