logo


Joe Biden Bilang AS Nggak Ingin Terlibat Konfrontasi dengan China

Presiden AS mengatakan bahwa AS hanya ingin terlibat persaingan di bidang ekonomi dan teknologi dengan China, bukan konfrontasi militer

22 Januari 2022 16:30 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Joe Biden pada hari Jumat (21/1) mengatakan bahwa Amerika Serikat dan China tidak perlu melakukan konfrontasi militer tetapi sebaliknya, kedua negara memiliki persaingan teknologi dan ekonomi dan Washington tidak bermaksud untuk menghadapi Beijing.

“Faktanya, saya menjelaskan kepada Presiden Xi [Jinping] dari China: kita tidak perlu memiliki konfrontasi, tetapi kita memiliki persaingan ekonomi dan teknologi," kata Biden kepada wartawan, dikutip Sputniknews.

"Amerika Serikat siap membantu negara lain, termasuk China, untuk terlibat dalam persaingan dan menghindari ketegangan," kata Biden.


PBB Kecam Serangan Pasukan Koalisi Arab Saudi di Yaman

Biden dan Xi Jinping diketahui telah mengadakan pertemuan puncak virtual pada pertengahan November 2021 kemarin dimana mereka membahas sejumlah isu, termasuk isu Taiwan, kemungkinan memasuki Perang Dingin baru, situasi di Iran, Korea Utara, Afghanistan, dan pandemi COVID-19.

Pada bulan Desember, pemerintahan Biden mengumumkan bahwa Amerika Serikat tidak akan mengirim delegasi resmi ke Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia oleh China. Langkah ini telah didukung oleh Inggris, Kanada dan Australia. Meski demikian, atlet dari negara-negara tersebut masih diijinkan untuk ikut berlaga di Olimpiade yang digelar pada Februari 2022 mendatang.

China mengatakan upaya untuk mempolitisasi ajang olahraga telah melanggar Piagam Olimpiade dan aksi boikot tidak akan mendapat dukungan dari komunitas internasional, tetapi hanya akan mengisolasi negara-negara yang melakukan boikot tersebut.

AS Tolak Rencana Peningkatan Iuran Dana Tahunan Anggota WHO

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia