logo


AS Akan Terus Dukung Arab Saudi dan Uni Emirat Lawan Kelompok Houthi Yaman

AS mengutuk serangan kelompok Houthi terhadap sejumlah fasilitas umum di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab yang menewaskan beberapa warga sipil

22 Januari 2022 14:30 WIB

Juru bicara Kemenlu AS Ned Price
Juru bicara Kemenlu AS Ned Price istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - AS menegaskan kembali komitmennya untuk terus membantu Arab Saudi dan negara sekutunya di Timur Tengah dalam mempertahankan diri terhadap ancaman dari kelompok pemberontak Yaman.

“Sekretaris Blinken menegaskan kembali komitmen AS untuk membantu mitra Teluk meningkatkan kemampuan mereka untuk bertahan melawan ancaman dari Yaman dan tempat lain di kawasan itu dan menggarisbawahi pentingnya mengurangi kerugian sipil,” kata Juru Bicara Ned Price, dikutip Al Arabiya.

Sebelumnya, kelompok Houthi di Yaman yang didukung oleh Iran, pada pekan ini mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang terjadi pada pekan ini di sejumlah lokasi di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.


Inggris Bakal Posisikan Pasukan Militernya di Beberapa Negara di Sekitar Ukraina

Sejumlah fasilitas umum, termasuk Bandara Internasional Abu Dhabi, menjadi sasaran rudal dan drone. Setidaknya tiga warga sipil tewas, dan beberapa lainnya terluka.

“Menteri (Antony Blinken) mengutuk serangan Houthi pada 17 Januari di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab terhadap fasilitas sipil di UEA, termasuk bandara internasional Abu Dhabi, yang menewaskan serta melukai warga sipil,” kata Price dalam pernyataannya.

Secara terpisah, Dewan Keamanan PBB mengutuk “serangan teroris keji di Abu Dhabi” dan menyatakan belasungkawa kepada keluarga korban tewas.

Para anggota Dewan Keamanan PBB juga menegaskan kembali bahwa “terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya merupakan salah satu ancaman paling serius bagi perdamaian dan keamanan internasional.”

Menlu AS Bilang Rusia Punya Dua Opsi soal Isu Ukraina, Negosiasi atau Perang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia