logo


Dukung Kelompok Separatis, Rusia Disebut Rekrut Tentara Bayaran dan Mengirimnya ke Ukraina Timur

Ukraina menyebut militer Rusia sudah mengirimkan tentara bayaran untuk memperkuat pasukan militan separatis di Ukraina Timur

21 Januari 2022 20:00 WIB

Tentara bayaran Rusia
Tentara bayaran Rusia Al Jazeera

KIEV, JITUNEWS.COM - Intelijen militer Ukraina pada Jumat (21/1) mengatakan bahwa Rusia secara aktif merekrut tentara bayaran dan mengirimnya ke wilayah Ukraina timur untuk melakukan pelatihan intensif dengan kelompok separatis.

Dikatakan dalam sebuah pernyataan bahwa bahan bakar, beberapa tank, artileri dan mortir telah secara diam-diam dibawa ke daerah itu dari wilayah Rusia.

Sebelumnya, sejumlah pejabat pemerintah Rusia pada tahun 2021 kemarin mengatakan bahwa Moskow sengaja meningkatkan kehadiran pasukan militer di perbatasan Ukraina untuk berjaga-jaga jika militer Ukraina melancarkan serangan besar-besaran terhadap kelompok separatis pro-Moskow.


Rusia Kirim Dua Batalyon Misil S-400 ke Wilayah Belarus

Menurut laporan intelijen yang dihimpun oleh The Guardian, berbagai artileri dan peralatan tempur Rusia seperti tank, peluncur roket, hingga rudal balistik jarak pendek sudah berada di dalam radius 150 mil dari perbatasan Ukraina.

Juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov, pada April 2021, menyebut wilayah perbatasan Rusia-Ukraina sebagai "bubuk mesiu" dimana dapat meledak jika situasi di wilayah tersebut semakin memanas. Ia juga mengatakan bahwa Rusia tidak akan tinggal diam jika ada rakyat sipil yang menjadi korban akibat serangan Ukraina terhadap kelompok separatis pro-Moskow.

Isu Keamanan Ukraina Sudah Berhasil Bikin Seluruh Negara Eropa Bersatu

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia