logo


Minta Perusahaan Truk Maut Balikpapan Tanggung Jawab, Habiburokhman Singgung Skill Sopir

Habiburokhman mempertanyakan rekruitmen pengemudi truk tronton

21 Januari 2022 18:15 WIB

Habiburokhman
Habiburokhman Twitter @habiburokhman

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi Hukum DPR RI, Habiburokhman turut menanggapi kecelakaan maut di Simpang Rapak, Balikpapan. Ia meminta polisi mendalami alasan sopir truk tronton tidak banting setir ke kiri sehingga menabrak puluhan kendaraan.

"Harusnya dia banting setir ke kiri. Itu termasuk yang perlu didalami dalam penyidikan," kata Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Habiburokhman lantas mempertanyakan rekruitmen pengemudi truk tronton tersebut. Ia menyebut sopir terlihat tidak punya skill mengemudi dengan baik.


Rem Blong, Truk Trailer Tabrak Belasan Kendaraan di Balikpapan, 5 Orang Tewas

"Si sopir lalai sekali dan seperti tidak punya keahlian mengemudi. Kenapa orang seperti itu kok bisa jadi pengemudi truk tronton. Bagaimana dahulu proses dia direkrut, ada tes khusus atau tidak," katanya.

Meski demikian, politikus Partai Gerindra itu menilai tidak hanya sopir saja yang dihukum, namun juga pihak perusahaan. Ia meminta perusahaan tanggung jawab kepada para korban.

"Selain si sopir yang perlu dihukum, perusahaan juga harus bertanggung jawab kepada para korban dan keluarganya. Jadi ini lengkap masalahnya, sopirnya nggak mahir, truknya bermasalah, perusahaannya lakukan pengecekan rutin atau tidak?" ucapnya.

Geger Kecelakaan Maut di Balikpapan, Sopir Truk Tronton Berikan Pengakuan Ini

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati